3 Cara Mengubah Kelemahan Jadi Kekuatan

kelemahan jadi kekuatan

Kelemahan jadi kekuatan – Jika Anda mengetahui kelemahan Anda dimana, maka pengetahuan itu menjadi kelebihan Anda. Mengetahui kelemahan sama penting dengan Anda mengetahui kelebihan yang Anda miliki. Jadi, langkah awal untuk mengetahui kelebihan Anda adalah dengan mengetahui kelemahan Anda.

Ada banyak cara untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Asalkan Anda bersedia mengubahnya dan mengembangkan potensi baik yang Anda miliki.  Didalam pribadi seseorang sebenarnya banyak sekali potensi yang dimiliki. Tetap sebagian orang banyak yang tidak berani untuk mengembangkan atau bahkan malas untuk mengembangkannya.

Bagaimana pun, Anda harus mampu mengubah kelemahan menjadi kelebihan. Anda harus mengetahui dan memahami bahwa  proses mengubah kelemahan menjadi sebuah kelebihan ada pada diri Anda sendiri. Anda harus mengubah hidup, pola pikir, dan perilaku disiplin untuk menentukan perubahan yang terjadi dalam hidup saat ini dan membangun masa depan yang lebih cerah.

Untuk menentukan semua perubahan yang terjadi ada ditangan Anda sendiri. Jujur kepada diri sendiri adalah langkah awal untuk merubah kelemahan menjadi kekuatan.

3 cara mengubah kelemahan menjadi kekuatan

Untuk mengubah kelemahan menjadi kekuaatan Anda dapat mencoba tiga cara berikut ini, semoga membantu dan memberikan manfaat yang baik. Tiga cara tersebut antara lain:

Belajar dari kekurangan

Cara sederhana yang dapat membuat Anda mengetahui kelemahan yang Anda miliki adalah dengan cara melihat hasil apa yang telah Anda lakukan. Lihat hasilnya lalu sempurnakan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Sadarilah bahwa kelemahan adalah langkah awal untuk menuju kesuksesan. Buatlah strategi yang dapat mengubah kelemahan kamu menjadi kekuatan.

Jika Anda tidak memiliki keahlian tertentu tidak ada salahnya jika Anda mengikuti pelatihan-pelatihan, kursus keterampilan yang Anda miliki, Anda juga dapat menambah pengetahuan dari buku yang dapat menambah wawasan Anda.

Jangan merasa kecil hati dan jangan terpaku kepada kekurangan Anda. Ubah cara berpikir yang Anda pikirkan  ‘tidak bisa’ menjadi ‘bisa’ dan paksa diri Anda untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.

Fokus pada kelebihan bukan kekurangan

Ketahuilah bahwa satu kekuatan Anda akan mengalahkan sepuluh kekurangan yang ada didalam diri Anda.

Kebanyakan orang hanya fokus pada kekurangannya saja, dan tidak mengetahui kelebihan yang dia miliki. Padahal jika Anda memperkuat niat dan keinginan untuk memulai usaha Anda, maka tidak menutup kemungkinan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Tanamkan didalam diri bahwa Anda bisa, Anda mampu, untuk melakukan segalanya.

Motivasi diri sendiri

Motivasi diri sendiri untuk mencapai goal atau impian besar yang akan Anda raih. Bayangkan bahwa Anda akan berhasil dan akan mendapatkan keuntungan besar atas suatu pekerjaan yang akan Anda kerjakan. Dengan begitu Anda akan mempunyai semangat tinggi untuk meraih kesuksesan.

Jangan biarkan kelemahan-kelemahan yang Anda miliki semakin membesar dan menghantui pikiran. Fokus kepada apa yang ingin diraih dan jangan biarkan kekurangan menghambat Anda untuk mencapai kesuksesan yang telah Anda cita-cita kan sejak lama.

Lihat kekurangan yang Anda miliki jangan dari sisi buruknya saja, tapi lihatlah juga dari sisi baiknya. Kekurangan yang Anda miliki dapat dijadikan semangat dan motivasi agar Anda bisa lebih baik lagi untuk mencapai sesuatu yang Anda inginkan.

Jangan pernah merasa takut dan ragu atas kekurangan tersebut. Karena kekurangan dapat tertutupi jika Anda mampu membuatnya menjadi suatu kelebihan. Beranikan lah diri Anda untuk mencoba hal baru. dan ubahlah kelemahan menjadi kekuatan untuk memulai suatu usaha.