4 Cara Meyakinkan Orang Tua Untuk Bercadar

meyakinkan orang tua untuk bercadar

Meyakinkan orang tua untuk bercadar – Ada sebagian akhwat tidak di perbolehkan bercadar oleh orang tua nya. Banyak sekali pertimbangan dari keluarga yang tidak memperbolehkan anak perempuannya memakai cadar.

Ridho Allah ada pada ridho orang tua, tetapi jika orang tua tidak meridhoi keputusan anaknya untuk tetap menjalankan syariat, maka ridho Allah swt lah yang menjadi prioritas.

Bahkan ada sebagian orang tua yang memarahi habis-habisan, mendiami anaknya atau tidak di ajak bicara, bahkan sampai membakar pakaian serta jilbab-jilbab anak perempuannya. Karena tidak memberikan izin kepada anaknya untuk bercadar.

Karena akan selalu ada saja yang terus menggangu dan menghentikan kamu untuk berbuat baik di jalan Allah. Minta lah pertolongan dan terus lah berdoa kepada Allah agar usaha baik kamu di ridhai.

Berikut ini ada beberapa cara meyakinkan orang tua untuk bercadar yang dapat kamu terapkan, antara lain :

  1. Berakhlaq yang baik

Tunjukkan akhlaq yang baik kepada orang tua kamu. Bukan kepada orang tua saja tetapi kepada setiap orang. Gunakan kesempatan kamu dengan cara yang sederhana untuk bisa mencuri hati orang tua.

Berbicara lah dengan lemah lembut dan rendahkan suaramu di hadapannya. Tunjukkan kepada orang tua bahwa kamu adalah anak yang baik dan tidak membangkang kepada orang tua. Dengan melihat sikap dan sifatmu yang baik kepada mereka besar kemungkinan orang tua akan mengizinkan kamu untuk bercadar.

  1. Jangan berdebat dengan orang tua

Kamu harus menghindari perdebatan dengan orang tua. Dengan berdebat dengan orang tua akan menunjukkan sikap buruk kamu di hadapan mereka.

Kasus yang paling sering terjadi adalah ketika ada seorang yang baru awal-awal ngaji mendakwahkan keluarganya. Mendakwahkan keluarga untuk berada di jalan yang benar merupakan perbuatan yang sangat baik. Tetapi, ketika kamu ingin mendakwahkan keluargamu hendaknya dengan bahasa yang sopan dan lemah lembut.

Berani berhijrah sangat lah mudah tetapi mengistiqomahkannya lah yang sangat sulit. Maka dasarilah hijrah karena Allah swt bukan karena makhluk-NYA.

  1. Tentukan masa depan kamu dari sekarang dan ceritakan kepada orang tua

Kamu harus memikirkan dan bisa mencatat apa yang akan kamu lakukan untuk kedepannya dari sekarang. Rencanakan semuanya dengan matang dan ceritakan kepada orang tua agar mereka memberikan izin. Berusaha lah untuk mencapai target-target yang telah kamu buat.

Ketika niat kamu baik, maka Allah akan mempermudah jalan bagi kamu untuk ,mencapai apa yang telah engkau impikan.

  1. Nekat

Terkadang nekat itu perlu. Ketika kamu sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi tidak membuahkan hasil, orang tua juga tetap tidak memberikan kamu izin untuk bercadar, kamu boleh mengambil jalan nekat untuk tetap bercadar. Tetapi jika niat yang ada di dalam diri kamu sudah bulat, kamu sudah mantap untuk bercadar, berhijrah untuk lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kamu juga tetap harus bicara sopan dan lembut bicara perlahan-lahan dengan orang tua, ketika kamu akan mengambil langkah tersebut.

4 cara meyakinkan orang tua untuk bercadar

Berkumpul dan carilah akhwat-akhwat yang mampu mengingatkan tentang kebaikan dan taqwa serta semakin menambah ilmu agama kamu. Karena jika kamu sendirian syaitan lebih suka dan lebih mudah mengganggu imanmu.

Bertaqwa lah kepada Allah SWT semampumu dan meminta lah ampun kepada-NYA. Kamu harus mampu meyakinkan orang tua untuk bercadar. Ketika orang tua kamu tidak memberikan izin kepada kamu untuk becadar, jangan lah kamu menyerah, terlena dan pasrah akan keadaan yang sedang kamu alami.