5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Gugup

agar-tidak-gugup

Agar tidak gugup – Semua manusia pasti pernah merasa gugup saat hendak menampilkan sesuatu didepan orang banyak. Rasa gugup muncul secara tiba-tiba dan tak ada seorang pun yang menginginkannya. Merasa gugup atau grogi dapat terjadi apabila Anda mulai bimbang, tidak berani dan tidak percaya diri.

Gugup merupakan  suatu hal yang biasa dan semua orang pasti pernah merasakannya. perasaan gugup tidak dapat dihilangkan tetapi dapat diatasi. Faktor penyebab seseorang merasakan gugup adalah karena Dia tidak percaya diri, malu-malu, ragu, takut salah, dan lain sebagainya.

baca juga: Lakukan Ini Selamat 1 Menit, Maka Anda Akan Percaya Diri Mempengaruhi Siapapun

Keadaan tersebut membuat anda mengalami kegelisahan dan menyebabkan sejumlah perubahan tidak nyaman didalam tubuh.

Rasa gugup yang tak terkendali akan membawa dampak buruk. Anda akan banyak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tawaran pekerjaan, juga sangat berpengaruh pada kinerja yang Anda miliki.

Anda harus mampu mengatasi perubahan keadaan yang terjadi seperti ini, selalu berpikiran yang positif  sehingga Anda mampu memegang kendali atas diri Anda.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menangani rasa gugup secara perlahan:

Latih pernafasan

Apabila Anda mengalami rasa gugup secara tiba-tiba, Anda dapat mencoba melatih nafas dengan baik dan teratur. Rasa gugup sangat berhubungan dengan pola nafas. Ketika Anda merasa gugup maka pada saat tampil Anda akan kelihatan tidak siap.

Karena pada umumnya saat rasa timbul dirasakan, maka saat itu pula rasa gugup juga dialami yang dapat membuat penampilan Anda menjadi kacau dan tak bisa terkendali. Jadi, pentingnya mengatur nafas adalah untuk menenangkan diri Anda dan memperkecil rasa gugup yang dialami.

Persiapan yang matang

Persiapan yang baik sangat membantu Anda untuk menghindari rasa gugup. Dengan berlatih Anda akan mengetahui dimana letak kesalahan dan kelemahan di diri Anda. Berlatih lah sebanyak dan sesering mungkin agar Anda lebih percaya diri dan merasa bahwa dirimu siap.

Banyak berlatih

Meski telah menyiapkan  segalanya dengan lengkap kalau tidak sering dilatih tetap tidak ada artinya. Anda harus sering berlatih agar lebih menguasai materi dan akan menimbulkan kepercayaan diri bertambah sehingga rasa gugup tidak akan Anda alami.

Berpikir positif

Ketika Anda berpikir positif percayalah bahwa tubuh Anda juga akan ter sugesti ke arah yang positif. Bayangkan bahwa acara Anda berjalan dengan lancar, audiens menyambut Anda dengan penuh kebahagiaan, dan bayangkan mereka berterimakasih dengan Anda atas presentasi yang Anda sampaikan. Pikirkan semua hal positif yang akan terjadi. Maka Anda akan memiliki rasa kepercayaan diri yang besar dan memiliki semangat yang tinggi.

baca juga: 5 Bahasa Tubuh Saat Presentasi Yang Menunjang Penampilan Anda

Menjaga penampilan

Penampilan juga merupakan poin penting yang harus di perhatikan saat hendak berbicara di depan umum. Gunakan pakaian yang rapi, nyaman, dan tidak berlebihan. penampilan sering kali menjadi poin penting yang sangat berperan dalam menghilangkan rasa gugup di depan orang banyak.

baca juga: 6 Tips Berbicara di Depan Umum

5-cara-ampuh mengatasi rasa gugup

Kenali dasar-dasar yang akan Anda presentasi dan tentukan tujuan akhir dari presentasi. Jika Anda mengetahui dasar dan akhir presentasi yang akan Anda lakukan, maka akan lebih mudah mengembangkan isi dari materi yang akan Anda presentasi kan.

baca juga: Cara Ampuh Saat Presentasi Untuk Mempengaruhi Orang Lain

Anda dapat mencoba beberapa tips diatas agar menghilangkan rasa gugup saat akan bicara didepan orang banyak. Jangan takut mengalami rasa gugup, karena itu adalah reaksi alami yang berasal dari dalam tubuh. Jika Anda takut dengan rasa gugup tersebut, maka rasa gugup itulah yang menguasai dirimu. Maka Anda harus santai, tenang, berdoa agar semua berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.