5 Cara Sederhana Memaafkan Diri Sendiri

5 cara sederhana memaafkan diri sendiri

Memaafkan diri sendiri – Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan baik itu yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Kebanyakan orang lebih mudah memaafkan orang lain daripada memaafkan diri sendiri. Padahal memaafkan diri sendiri itu sangat penting untuk menumbuhkan kembali rasa percaya diri.

Memaafkan diri sendiri merupakan hal yang sangat sederhana dan sangat mendasar. Tetapi kebanyakan dari kita sulit atau tidak mampu untuk melakukannya.

Sulitnya Anda mengendalikan diri akan membuat Anda bingung untuk bertindak. Maka Anda harus tetap semangat dan buatlah Anda jadi pengendali yang handal untuk mengendalikan diri sendiri kearah yang lebih baik lagi.

Terus mengingat kesalahan yang diperbuat akan mengecilkan dirimu sendiri. Membayangi kesalahan yang terjadi dimasa lalu membuat Anda berat untuk melangkah menuju kesuksesan. Maka dari itu, Anda harus belajar dan terus belajar agar dapat memaafkan diri sendiri dan tidak terjebak ke masa lalu yang dianggap suram.

memaafkan diri sendiri

Berikut solusi yang dapat memotivasi kita agar dapat memaafkan diri sendiri dan dapat menumbuhkan kembali rasa percaya diri:

Tak ada kesuksesan tanpa kegagalan

Kesalahan tentu perlu terjadi didalam diri kita. Dengan kegagalan kita bisa belajar untuk lebih dewasa dalam menghadapi masalah. Kesalahan juga dapat kita gunakan sebagai pembelajaran untuk kedepan nya lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Maka dari itu kamu harus memaafkan diri sendiri atas kesalahan-kesalahan yang telah terjadi.

Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna

Akan ada waktunya Anda melakukan kesalahan disengaja maupun yang tak disengaja yang mungkin sulit untuk Anda lupakan.

Ingatlah bahwa setiap manusia pasti memiliki kesalahan dan bukan kamu saja. Jangan kecil hati dan merasa tersendiri dengan kesalahan tersebut. Cobalah untuk memaafkan diri sendiri agar kamu dapat bahagia dan tak ada perasaan bersalah yang menghantui dirimu.

Sayangi diri Anda seperti Anda menyayangi orang lain

Sangat mudah untuk memaafkan kesalahan orang yang kita sayangi, karena kita berfikir bahwa masih banyak kebaikan yang ada pada dirinya.

Lalu mengapa saat diri sendiri yang melakukan kesalahan Anda tidak bisa memaafkan nya? Karena banyak dari kita yang kurang mencintai diri sendiri. Anda perlu menjalin hubungan penuh kasih dengan diri sendiri, agar Anda lebih dapat mencintai dan menghargai diri sendiri. Jika Anda telah mencintai diri sendiri maka Anda akan lebih menghargai dan mudah untuk memaafkan kesalahan yang telah diperbuat.

Belajar dari pengalaman

Jika kesalahan terbesar terjadi dimasa lalu membuat Anda dan orang di sekeliling terluka, maka buatlah kesalahan itu menjadi pengalaman. Guru terbaik yang pernah ada adalah pengalaman. Pengalaman lah yang membuat kita menjadi dewasa, pengalaman lah yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat untuk menghadapi berbagai macam rintangan yang terjadi di kehidupan.

Menyadari kesalahan

Menyadari kesalahan yang telah diperbuat adalah langkah pertama untuk berdamai dengan diri sendiri. Sadari semua kesalahan yang telah Anda buat. Anggap kesalahan itu sebagai contoh/pembelajaran agar Anda tidak akan masuk ke lubang yang sama.

Ketika Anda tidak bisa memaafkan diri sendiri artinya Anda tidak memberikan diri Anda kesempatan kedua pada diri Anda. Jangan terlalu keras dengan diri sendiri dan bersikap dewasa dalam menghadapi masalah.

Jangan jadikan kesalahan kemarin hari adalah akhir dari segalanya. Berupaya lah semampu mungkin untuk memaafkan diri sendiri.  Perjalanan Anda masih panjang, maka maafkan diri sendiri dan coba hal baru yang akan membuat Anda lebih bahagia.