6 Cara Jitu Meyakinkan Orang Tua Untuk Kuliah

meyakinkan orang tua untuk kuliah

Meyakinkan orang tua untuk kuliah – Orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi masa depan anaknya. Di antara anak yang baru lulus SMA/SMK pasti ada akan ada yang selalu meyakinkan orang tua nya agar di berikan izin untuk kuliah.

Banyak dari Anda yang melupakan impian untuk masuk di perguruan tinggi yang di minati karena tidak di berikan izin kepada orang tua. Dan akhirnya semua impian yang telah Anda bangun akan jadi sia-sia.

Walaupun Anda masih menjadi tanggungan bagi keluarga, tetapi Anda juga berhak untuk menentukan pilihan di hidup Anda. Banyak perkataan yang keluar dari mulut orang tua itu benar. Namun tidak semua hal yang di larang orang tua itu benar, misalnya yang orang tua melarang yang berhubungan baik dengan masa depan Anda.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan agar meyakinkan orang tua untuk kuliah, antara lain:

1. Memiliki tujuan yang jelas
Ketika Anda ingin meminta izin dengan orang tua untuk kuliah, Anda juga harus memiliki tujuan yang jelas. Jangan hanya karena keinginan semata bahkan karena ikut-ikutan teman.

Ketika Anda ragu dengan keputusan yang Anda buat, maka orang tua juga akan ragu untuk memberikan izin kepada Anda.

Saat Anda akan meminta izin, maka persiapkan lah diri untuk merinci semua tujuan yang Anda miliki. Jika Anda telah merinci dan memberi tahukan asalan yang jelas kepada orang tua mengapa Anda ingin kuliah, maka besar kemungkinan orang tua memberikan Anda izin untuk kuliah.

2. Tunjukkan bahwa Anda mampu bertanggung jawab dan bisa di percaya
Anda harus menunjukkan bahwa Anda bisa untuk di percaya dan mampu bertanggung jawab untuk diri Anda sendiri. Tunjukkan bahwa Anda bukan tipe orang yang mudah terpengaruh dengan orang lain. Dan tidak mudah mengikuti pergaulan yang negatif atau menyimpang dari keadaan sosial.

6 cara jitu meyakinkan orang tua untuk kuliah
3. Minta bantuan keluarga atau teman yang di percaya orang tua
Jika Anda memiliki keluarga atau teman yang selalu di percaya oleh orang tua, maka tidak ada salahnya jika Anda meminta bantuan kepadanya untuk membujuk orang tua Anda agar memberikan izin.

Ketika keluarga atau teman memberikan opini tentang rencana yang akan Anda ambil, maka orang tua Anda akan berpikir bahwa apa yang selama ini di pikirkan olehnya tidak seburuk itu.

4. Cari waktu yang tepat untuk bicara dengan orang tua
Jangan bicara kan tujuan Anda di saat perasaan orang tua Anda lagi tidak stabil. Anda harus mampu mencari waktu yang tepat untuk berbicara kepada orang tua. Misalnya, pada saat keadaan hatinya sedang senang, lelah, atau pun saat dia sedang sibuk.

5. Berusaha dengan sungguh-sungguh
Jika keputusan Anda sudah matang dan Anda memiliki niat yang besar untuk kuliah, berusahalah dengan sungguh-sungguh agar orang tua melihat bahwa Anda serius untuk keputusan yang telah Anda buat.

Hati orang tua akan tergerak dan akan menghargai keputusan Anda. Bahkan mungkin mereka bakalan mendorong dan support Anda untuk mencapai impian yang telah Anda buat.

6. Beri waktu untuk orang tua Anda berpikir
Saat Anda telah menyampaikan semuanya tentang masa depan Anda, coba berikan waktu agar orang tua Anda berpikir terlebih dahulu. Jangan buat mereka berpikir terburu-buru yang dapat menyebabkan orang tua tidak memberikan izin mengenai keinginanmu.

Anda dapat mencoba 6 cara tersebut agar meyakinkan orang tua untuk kuliah. Jika niat Anda baik, pastinya akan diberikan jalan dan kemudahan untuk segala urusan Anda.