6 Cara Sederhana Meyakinkan Orang Untuk Merantau

6 cara sederhana meyakinkan orang tua untuk merantau

Meyakinkan orang tua untuk merantau –  Sebagian anak yang ingin merantau atas alasan karena ingin belajar hidup mandiri dan mencari pengalaman baru. Tetapi orang tua tidak memberikan izin kepada sang anak karena orang tua khawatir dan takut akan terjadi hal buruk kepada anaknya saat jauh dari rumah dan tinggal sendirian di kota orang.

Orang tua pastinya menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun perbedaan cara pandang dan cara berpikir orang tua yang mungkin akan memberatkan Anda untuk tidak merantau. Banyak sekali hambatan dari orang tua karena pendapat menurut nalarnya.

Jika Anda memiliki tekad yang bulat untuk merantau, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan izin dari orang tua. Beberapa cara tersebut antara lain :

  1. Tunjukkan bahwa Anda sudah dewasa

Yakinkan dan tunjukkan kepada orang tua bahwa Anda telah dewasa dan mampu bertanggung jawab untuk diri sendiri tanpa merepotkan orang tua lagi.

Dengan meyakinkan orang tua bahwa Anda telah dewasa, akan sedikit menghilangkan rasa cemas dan khawatir akan terjadi hal buruk kepada Anda ketika jauh dari orang tua.

  1. Tunjukkan bahwa Anda memiliki skill

Anda harus menunjukkan skill dan memberi bukti kepada orang tua bahwa Anda benar-benar memiliki skill yang cocok untuk menempuh karir yang ingin Anda raih. Tunjukkan semampu Anda agar orang tua yakin bahwa Anda mampu dan memiliki skill yang ada di dalam diri Anda.

  1. Pastikan untuk terus berkomunikasi

Mengetahui kabar dari Anda sangat di perlukan untuk orang tua. Setidaknya, akan mengurangi rasa cemas yang di rasakan olehnya ketika mengizinkan Anda pergi.

Maka dari itu, pastikan Anda untuk menjanjikan dan membuktikan kepada orang tua bahwa Anda akan untuk selalu menjalin komunikasi yang erat dan saling menanya kabar meski sedang berjauhan dari orang tua.

  1. Buat rencana sedetail mungkin

Gali informasi sebanyak-banyaknya sebelum menyampaikan pendapat kepada orang tua. Orang tua akan ragu atau tidak yakin dengan keputusan Anda jika informasi dan penyampaian yang Anda sampaikan salah, dan tidak masuk akal menurut pemahaman nya.

Maka buatlah list dari perencanaan Anda sedetail mungkin. Mulai dari hal terkecil yang akan Anda lakukan disana. Orang tua pasti akan memberikan izin jika Anda merantau dengan menunjukkan bukti list kegiatan yang akan Anda lakukan selama berada di sana.

  1. Pilih waktu yang tepat untuk bicara

Pilihlah waktu yang tepat, misalnya pada saat orang tua Anda tidak repot dengan berbagai hal dan sedang berada di keadaan yang santai. Saat orang tua sedang tidak sibuk pikirannya akan lebih tenang dan emosi yang di rasakan nya juga akan terkendali yang akan membuat Anda lebih mudah untuk menyampaikan keinginan yang Anda inginkan.

  1. Beri penjelasan mengapa Anda ingin merantau

Jelaskan kepada mereka mengapa Anda ingin merantau, dan bicara lah dengan sopan dan lemah lembut agar mereka memberikan izin untuk merantau. Dan berikan asalan yang dapat mereka terima dan masuk akal agar mempermudah Anda mendapatkan izin dari orang tua.

meyakinkan orang tua untuk merantau

Saat Anda menginginkan sesuatu yang baru di dalam hidup seperti merantau contohnya, jangan lah terburu-buru atau tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Pikirkan semuanya dengan baik dan matang barulah Anda bisa untuk mengusulkan keinginan kepada orang tua.

Meyakinkan orang tua untuk merantau tidaklah mudah, tetapi Anda dapat melakukannya jika alasan yang Anda miliki jelas dan dan alasan tersebut dapat diterima oleh orang tua.