6 Tips Meyakinkan Orang Tua Untuk Naik Gunung

meyakinkan orang tua untuk naik gunung

Meyakinkan orang tua untuk naik gunung – Naik gunung atau yang sering di bilang dengan nanjak merupakan suatu hobi yang banyak di senangi oleh kaum millenial saat ini. Generasi millenial saat ini berlomba – lomba untuk melihat keindahan alam dari atas puncak gunung, dan mempublikasi di akun media sosial masing-masing.

Tetapi kebanyakan orang tua khawatir dan cemas jika mengizinkan anaknya untuk mendaki gunung dengan berbagai alasan dari naluri mereka masing – masing. Karena mendaki bukanlah hal yang bisa di lakukan oleh sembarang orang. Kesehatan fisik dan mental sangat diperlukan untuk mendaki gunung.

Apalagi bagi anak perempuan akan sulit untuk mendapatkan izin dari orang tua. Kebanyakan orang tua tidak mengizinkan anak perempuannya untuk naik gunung karena takut akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

6 tips meyakinkan orang tua untuk naik gunung

Jika Anda sulit mendapatkan izin dari orang tua untuk mendaki gunung, ini dia 5 cara yang paling ampuh meyakinkan orang tua untuk naik gunung, antara lain :

Beritahu rencana Anda secara detail

Beritahu kepada orang tua rencana pendakian Anda. Gunung apa yang akan Anda daki, dengan siapa Anda pergi, berapa lama Anda disana, transportasi yang Anda kendarai ketika akan menaiki gunung nanti, dan jelaskan bagaimana kondisi gunung tersebut agar orang tua Anda yakin bahwa Anda baik-baik saja dan akan pulang dengan selamat.

Kenalkan teman-teman pada orang tua

Sebaiknya Anda memperkenalkan teman-teman yang akan mendaki bersama Anda. Ketika orang tua Anda sudah kenal dengan teman-teman Anda, rasa kekhawatiran orang tua yang di rasakan ketika Anda pergi akan sedikit berkurang. Ketika orang tua telah mengenal teman Anda dan akan merasa lebih tenang.

Yakinkan orang tua bahwa Anda akan baik-baik saja

Beritahu resiko serta tantangan yang akan Anda hadapi saat naik gunung dan beritahu juga cara Anda mengatasinya. Berikan sedikit gambaran kepada orang tua tentang teknik pendakian. Beritahu alat serta kelengkapan yang Anda butuhkan, mulai dari alat untuk mendaki, tenda yang menjadi tempat Anda tidur serta bagaimana cara Anda memasak di puncak gunung.

Pastikan bahwa fisik dan mental Anda telah siap dan sehat. Sehingga orang tua yakin bahwa Anda akan baik-baik sja saat di sana.

Selalu memberi kabar

Hal terpenting yang harus dilakukan ketika Anda akan pergi jauh dari rumah dan dalam waktu yang tidak sebentar adalah dengan selalu memberikan informasi atau memberikan kabar kepada orang tua. Sempat kan waktu untuk selalu memberi orang tua kabar agar mereka tidak khawatir dengan keadaanmu.

Minta bantuan teman

Minta bantuan kepada teman yang telah dikenal dan dipercaya oleh orang tua dan dapat bertanggung jawab serta menjaga Anda pada saat naik gunung. Dengan begitu hati orang tua akan luluh dan akan memberikan izin kepada Anda untuk naik gunung.

Berdoa

Setelah semua sudah Anda lakukan selanjutnya adalah berdoa. Memohon kepada Tuhan agar Anda diberikan izin dan diberikan kemudahan serta keselamatan saat berada di perjalanan pergi maupun pulang nanti.

Ketika akan meminta izin kepada orang tua pilih lah waktu yang tepat, misalnya pada saat mood orang tua Anda lagi baik. Maka kemungkinan besar orang tua Anda akan memberikan izin tetapi dengan alasan yang jelas dan tujuan yang jelas pula.

Anda dapat mencoba 6 tips meyakinkan orang tua untuk naik gunung di atas dan semoga dapat membantu Anda untuk mendapatkan izin dari orang tua.