7 Cara Meyakinkan Orang Tua Untuk Menikah Muda

7 cara meyakinkan orang tua untuk menikah muda

Meyakinkan orang tua untuk menikah muda – Seiring dengan perkembangan zaman, kebanyakan orang tua menginginkan anaknya untuk menempuh karir terlebih dahulu dibandingkan dengan pernikahan. Justru di dalam Islam menganjurkan untuk segera mungkin melaksanakan pernikahan jika seseorang sudah memenuhi syarat untuk menikah.

Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan dari menikah. Baik dari segi hukum maupun agama. Menikah juga merupakan solusi terbaik bagi kamu yang sedang jatuh cinta. Hak – hak yang Anda punya sebagai seorang pasangan hanya akan Anda dapat jika Anda mengikat hubungan dengan pernikahan.

Di zaman yang peradabannya semakin maju ini, untuk meyakinkan dan meminta izin kepada orang tua untuk menikah muda tidaklah mudah. Apalagi jika usia Anda masih terlampau sangat muda.

baca juga: Cara Untuk Meyakinkan dan Mempengaruhi Orang Lain

Untuk itu Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini, antara lain :

1. Tunjukkan bahwa kemampuan finansial Anda sudah siap

Kekhawatiran utama yang ditakutkan saat memberikan izin kepada anaknya untuk menikah muda adalah takut akan kebutuhan finansial tidak dapat terpenuhi. Seseorang yang akan menikah tentunya akan memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pasangannya.

Maka, tunjukkan kepada orang tua bahwa Anda mampu secara finansial untuk bertanggung jawab atas pernikahan yang Anda inginkan.

meyakinkan orang tua untuk menikah muda

2.Tunjukkan pada orang tua bahwa dia adalah orang yang tepat untukmu.

Carilah pasangan hidup yang soleh atau solehah. Untuk itu orang tua pasti menginginkan seseorang yang bisa bertanggung jawab penuh untuk anaknya.

Maka Anda harus memperkenalkan calon pasangan dan yakinkan orang tua Anda bahwa calon pasangan yang Anda pilih tersebut adalah orang yang terbaik.

3. Bersikap bijaksana dan dewasa

Tunjukkan kepada orang tua Anda sudah dewasa dan bukan anak-anak lagi. Tunjukkan bahwa Anda sudah bisa bersikap bijaksana dan sudah siap menghadapi berbagai masalah yang akan Anda hadapi di kehidupan berumah tangga nantinya.

Karena setelah menikah nanti orang tua Anda tidak mungkin lagi ikut campur dalam urusan rumah tangga yang telah di bina.

4. Selesaikan pendidikan

Selesaikan lah pendidikan yang saat ini sedang Anda jalani. Atau paling tidak yakinkan lah orang tua bahwa Anda akan menyelesaikan pendidikan Anda meskipun telah menikah. Dan tetap mempertahankan prestasi baik Anda didalam bidang pendidikan

5. Berbakti kepada orang tua 

Kebanyakan orang tua mengkhawatirkan jika setelah selesai menikah nanti anaknya tidak lagi berbakti kepadanya. Padahal sebagai seorang anak tugas dan kewajiban Anda adalah berbakti kepada orang tua.

Agar orang tua Anda mau memberikan izin serta restu, Anda juga harus memenuhi kewajiban Anda sebagai seorang anak. Dengan bertanggung jawab dan buktikan bahwa Anda adalah anak yang berbakti.

6. Bersabar 

Sabar dan konsisten setelah menunjukkan perubahan yang ada pada diri Anda. Jangan memaksakan orang tua untuk segera memberikan izin kepada Anda untuk menikah muda. Bersabarlah dan lama kelamaan hati orang tua Anda akan luluh dan lambat laun akhirnya orang tua memahami bahwa Anda telat serius untuk mengambil keputusan tersebut.

7. Berdoa

Keutamaan dari berdoa bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk membuat hati orang lain luluh dan membuka kan hati orang tua Anda agar mengizinkan Anda untuk menikah muda. Setelah Anda telah melakukan segalanya, serahkan semua keputusan dengan Allah SWT. Apabila pasangan yang telah dipilih adalah jodoh Anda, maka Allah SWT akan memudahkan jalan bagi Anda untuk menikah muda.

Anda harus mampu meyakinkan orang tua untuk menikah muda, dan Anda juga dapat mencoba beberapa tips diatas.