7 Tips Menghindari Demam Panggung

7 Tips Menghindari Demam Panggung

Demam panggung – Perasaan gugup, kecemasan, atau pun ketakutan secara berlebihan yang berhubungan dengan performa atau penampilan didepan umum/orang banyak biasanya disebut dengan demam panggung.

Demam panggung biasanya berasal dari dalam diri sendiri. seperti kurang berani/tidak percaya diri dan bisa jadi kita mengalami demam panggung karena tidak/kurang memahami materi yang ingin kita sampaikan didepan publik. Keadaan seperti ini dapat dialami oleh siapa aja.

Keadaan yang biasa dialami pada saat demam panggung seperti tubuh bergetar, keringat dingin, pikiran kacau, mual dan lain sebagainya.

Sehebat apapun kemampuan Anda, jika sedang mengalami demam panggung persiapan yang Anda lakukan akan kacau.

Demam Panggung

Beberapa tips mengatasi demam panggung yaitu. sebagai berikut:

Percaya Diri

Perasaan pesimis dan takut gagal atas penampilan sangat sering dialami. Hal seperti ini sangat mudah diatasi dengan melatih tingkat kepercayaan diri.

baca juga: Lakukan Ini Selama 1 Menit, Maka Anda Akan Jadi Percaya Diri

Kepercayaan diri dapat dilatih dengan cara mudah dan sangat sederhana, seperti mencatat setiap prestasi yang sudah diraih dan kelebihan yang dimiliki. kamu juga dapat mengenakan pakaian yang nyaman dan kamu sukai untuk menambah kepercayaan diri, sosialisasi dengan baik juga mampu membuat kepercayaan dirimu meningkat.

Persiapan Yang Matang

Ketidaksiapan materi juga sangat berpengaruh pada penampilan. Jika kamu tidak hafal atau kurang menguasai materi yang akan di presentasi, maka demam panggung pasti tidak akan mampu untuk dihindari. Melakukan persiapan dan menyiapkan segala peralatan  yang dibutuhkan harus dilakukan sebaik mungkin sebelum hari H.

baca juga: 5 Bahasa Tubuh Saat Presentasi Yang Menunjang Penampilan Anda

Bersikap Tenang

Bersikap tenang saat hendak tampil didepan panggung adalah kunci utama menghindari demam panggung. Maka dari itu rileks kan tubuh Anda. Meringankan ketegangan dari dalam tubuh akan membantu menenangkan tubuh Anda. Sehingga Anda mampu mengontrol diri Anda dengan baik. Kecil kemungkinan Anda mengalami demam panggung jika sudah terbiasa tenang.

Banyak Berlatih

Dengan latihan seseorang akan menjadi lebih baik dan dapat menjadi baik dari apa yang sudah dilakukan dari yang sebelumnya. Berlatih lah mulai dari cara bicara, gaya bahasa, dan sebagainya didepan cermin. Anda akan merasa terbiasa dan tidak akan demam panggung jika sudah siap dan memantapkan presentasi Anda.

Berinteraksi Dengan Penonton

Melakukan interaksi degan penonton juga dapat mengurangi rasa ketakutan atau kecemasan yang dialami. karena dengan berinteraksi langsung dapat membuat Anda dan penonton lebih merasa nyaman/dekat saat kegiatan Anda berlangsung.

baca juga: 6 Tips Berbicara di Depan Umum

Lawan Kecemasan

Cemas, khawatir, was-was, takut gagal, panik adalah hal yang sering terjadi pada saat berbicara didepan umum. tarik nafas perlahan dan yakin kan diri Anda jika Anda mampu untuk memberikan penampilan terbaik. Dan kecemasan tersebut dapat teratasi.

Berdoa

Berdoa adalah ‘super power’ dari semua aktivitas. Jangan lupa berdoa agar dimudahkan dan dilancarkan segala sesuatu pada saat tampil didepan umum.

Jika Anda melakukan kesalahan atau lupa dialog, usahakan semaksimal mungkin untuk tidak panik. Buatlah hal itu menjadi tampak menjadi salah satu bagian dari naskah Anda. Dengan begitu penonton akan lebih merasa nyaman saat mendengarkan Anda bicara.

Kebanyakan orang demam panggung disebabkan karena terlalu banyak mata yang melihatnya dan tak mampu untuk membalasnya. Jika Anda tidak mampu untuk membalas sorotan mata dari penonton tersebut, jangan coba-coba untuk dipaksakan. Karena itu dapat membuat Anda merasa demam panggung dan tidak fokus dengan materi yang ingin disampaikan.

Dengan kata lain, demam panggung dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Kepercayaan diri sangat berpengaruh penting dalam hal ini.