Apa itu Persuatrick ?

Apa Itu Persuatrick?
—————————————————————————-
Sebelum mempelajari dan memahami berbagai trik persuasi untuk mempengaruhi orang lain dengan sangat halus, tidak kentara, dan sangat efektif, mari kita bahas secara ringkas apa sebenarnya Persuatrick itu.

Persuatrick merupakan paduan kata dari “persuade” dan “trick”.

“Persuade” berasal dari bahasa Inggris yang berarti membujuk
(kata kerja); (1) Menyebabkan seseorang melakukan sesuatu melalui argumentasi, penalaran, atau permohonan, (2) Memenangkan (seseorang) dalam melakukan tindakan dengan cara penalaran atau bujukan, (3) Membuat (seseorang) memercayai sesuatu atau meyakinkan.

“Trick” juga berasal dari bahasa Inggris, yang berarti seluk-beluk; cara (kata benda), dan hasil.

Persuatrick juga merupakan gabungan dari kata persuasi dan trik. Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, persuasi/per•su•a•si/pérsuasi/ n adalah (1) ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkannya; bujukan halus: mereka percaya dapat meyakinkan orang lain dengan — saja; imbauan; (2) karangan yang bertujuan membuktikan pendapat.

Menurut Richard M. Perloff dalam bukunya The Dynamics of Persuasion: Communications and Attitude in 21st Century (2003),

“Persuasion is a symbolic process in which communicators try to convince other people to change their attitudes or behaviors regarding an issue through the transmission of a message in an atmosphere of free choice.”

Persuasi adalah sebuah proses simbolik ketika komunikator mencoba meyakinkan orang lain untuk mengubah sikap atau perilakunya berdasarkan sebuah isu melalui penyampaian sebuah pesan dalam keadaan bebas memilih.

Dari definisi tersebut kita dapat memahami bahwa persuasi adalah proses. Artinya, persuasi itu memakan waktu, bisa cepat dan bisa lambat. Ada langkah-langkah yang dilakukan hingga tujuannya bisa tercapai. Dalam proses persuasi juga ada komponen bebas memilih sehingga proses tersebut bisa berhasil dan tidak berhasil.

Dalam persuasi tidak ada unsur paksaan sehingga yang perlu Anda lakukan adalah membuat orang lain melakukan seperti yang Anda inginkan dengan sukarela, seolah-olah sikap dan perilaku mereka benar-benar atas keputusannya sendiri tanpa paksaan orang lain.

Berdasarkan makna kata dan definisi di atas, maka:

“Persuatrick adalah cara berpikir dan bersikap untuk mendapatkan hasil tertentu dengan mempengaruhi orang lain agar mau melakukan sesuatu tanpa orang tersebut merasa dipengaruhi. Mereka pun melakukannya dengan sukarela dan bahkan tanpa diminta.”

Persuatrick merupakan serangkaian prinsip dan teknik untuk memengaruhi pikiran orang lain agar melakukan apa pun yang Anda inginkan dengan sukarela.

Persuatrick merupakan teknik persuasi terselubung yang sangat ampuh dan dapat digunakan dalam komunikasi sehari-hari dalam berbagai aspek kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *