5 Bahasa Tubuh Saat Presentasi Yang Menunjang Penampilan Anda

Bahasa tubuh dalam presentasi – bahas tubuh ialah komunikasi pesan nonverbal ( tanpa kata – kata ) yang berupa isyarat yang Anda sampaikan ke orang lain untuk memberikan informasi, yang bisa mencerminkan emosi, perasaan dan sikap Anda terhadap orang lain. Segala yang Anda tampilkan pada saat presentasi, baik itu dari slide, suara maupun bahasa tubuh yang Anda tampilkan, semuaya adalah komunikasi. Karena itu, bahasa tubuh yang akan Anda tampilkan dengan baik pada saat presentasi adalah hal yang sangat penting.

5 bahasa tubuh yang menunjang presentasi anda

Bahasa tubuh yang baik saat presentasi memudahkan audiens untuk mengerti apa yang Anda sampaikan. Namun, gerak tubuh yang tidak tepat malah menjerumuskan Anda dalam pandangan negatif.

Bahasa tubuh terdiri dari gerak tubuh, gerakan tangan atau ekspresi wajah. Untuk tampil percaya diri selama presentasi, gunakan bahasa tubuh yang baik atau positif. Melalui bahasa tubuh yang positif, kita bisa mengekspresikan diri dan mudah berinteraksi dengan pendengar. Bahasa tubuh yang tepat akan mendukung penyampaian informasi kita sekaligus meninggalkan impact pada audiens

Berikut 5 bahasa tubuh yang wajib diketahui untuk menunjang presentasi Anda :

  1. Kontak Mata

Melakukan kontak mata dengan audiens merupakan hal yang penting dilakukan selama presentasi. Ini salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk terhubung dengan audiens bahkan sejak menit pertama Anda berdiri dihadapan mereka. Melakukan kontak mata dapat meyakinkan audiens bahwa anda sedang melakukan komunikasi. Dengan melakukan kontak mata, audiens akan merasa diperhatikan.

  1. Gerakan Tangan

Melakukan gerakan tangan sangat berpengaruh dalam presentasi Anda. Biasanya gerakan tangan dilakukan tanpa disadari oleh pembicara, karena mengalir dengan yang disampaikan. Akan tetapi hindari gerakan tangan yang terlalu berlebihan. Gerakan tangan yang dilakukan dengan alami, bisa memperkuat pesan yang hendak Anda sampaikan kepada audiens.

baca juga: Cara Ampuh Saat Presentasi Untuk Mempengaruhi Orang Lain

  1. Cara Berjalan

Berjalan atau berpindah tempat juga penting dilakukan pada saat publik speaking, gunanya untuk menambah kepercayaan diri dan kenyamanan Anda pada saat tampil. Bila diperlukan Anda bisa melakukan langkah – langkah kecil dan berpindah dari satu titik ke titik yang lain agar Anda tidak monoton di satu tempat, dan tetap sesuaikan dengan ruang bicara Anda. Akan tetapi jangan terlalu terburu buru pada saat berjalan, karena akan membuat konsentrasi audiens terganggu.

  1. Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah sangat berpengaruh dalam penampilan Anda, karena ekspresi wajah berperan besar dalam publik speaking. Jika anda menampilkan ekspresi wajah yang ceria, maka audiens akan melihat anda dengan senang serta memberikan feedback yang positif. Tetapi jika anda menampilkan ekspresi yang cemberut atau tidak ceria, maka audiens pun juga akan memberikan feedback yang negatif. Ekspresi wajah yang sesuai adalah salah satu bagian yang penting dalam komunikasi yang efektif. Bahkan ekspresi wajah sering menjadi penentu dari makna di balik pesan yang akan disampaikan.

bahasa tubuh saat presentasi

  1. Postur

Dalam melakukan presentasi, tetap jaga postur Anda dalam keadaan yang baik. Postur bisa bersikap tegap namun tidak kaku, ini mengesankan ketegasan dan kredibilitas materi yang Anda sampaikan. Hadapilah para penonton secara terbuka, jangan sekali-kali menunjukkan ketakutan terhadap penonton yang hadir karena akan membuat para penonton ragu dengan apa yang Anda sampaikan.

baca juga: Pidato Persuasif, Trick Rahasia Obama dalam Berpidato

Pantangan Bahasa Tubuh

Ada beberapa pantangan bahasa tubuh dalam public speaking atau presentasi, seperti gerakan anggota tubuh atau ekpresi wajah yang tidak sesuai dengan materi Anda.

Pantangan Bahasa Tubuh yang paling umum dilanggar ialah :

  • Menyilangkan kedua tangan di depan atau belakang.
  • Memasukkan tangan kedalam saku.
  • Menggaruk kepala.
  • Bola mata bergerak ke atas (melihat ke atas)
  • Tidak melakukan kontak mata dengan hadirin.
  • Menggaruk bagian tubuh mana saja
  • Mencengkram podium
  • Memegang hidung atau daun telinga.

Sekianlah artikel tentang  Bahasa Tubuh Saat Presentasi yang bisa menunjang penampilan Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *