6 Tips Berbicara di Depan Umum

Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking sangat penting, baik dalam kehidupan pribadi maupun karir anda saat ini. Kemampuan berbicara di depan umum adalah skill yang tidak semua orang bisa melakukannya. Butuh keberanian dan percaya diri yg besar untuk bisa berbicara di depan umum.

6 tips berbicara di depan umum

Sebenarnya apasih bicara depan umum itu? Public Speaking atau bicara depan umum adalah sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan dan simbol komunikasi terus berinteraksi antara pembicara dan para pendengarnya.

Seorang pembicara yang baik adalah yang paham bahwa mereka harus membuat perencanaan, mengorganisasikan, dan merevisi berbagai materi dalam rangka mengembangkan sebuah pembicaraan yang efektif.

baca juga: 7 Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Untuk berbicara di depan umum dengan baik, Anda perlu persiapan yang baik, pemikiran dan kelakuan yang percaya diri, serta memperhatikan suara dan bahasa tubuh Anda. Kemampuan berbicara di depan umum yang baik, akan membuat kita mampu untuk menyampaikan gagasan yang ada di pikiran kita secara terstruktur bahkan membekas di hati para pendengar.

Berikut beberapa tips untuk dapat berbicara di depan umum dengan baik.

  1. Ubah Cara Pikir Anda

Pikiran yang negatif, yang berkaitan dengan kemampuan berbicara di depan umum, dapat mengganggu kemampuan Anda untuk menyampaikan pidato serta pengetahuan luar biasa yang ada di dalam diri Anda. Daripada membiarkan pikiran negatif Anda tetap ada, ubahlah pikiran – pikiran tersebut menjadi pikiran positif. Tanamkan pula dipikiran anda bahwa anda berani dan bisa. Jika pikiran positif, apapun yang anda ingin lakukan akan berdampak positif pula.

  1. Lawan Rasa Malu

Malu adalah alasan terbesar yang membuat Anda tidak berani berbicara di depan orang banyak. Oleh sebab itu, cobalah untuk melawan rasa malu itu dengan keberanian. Berusahalah untuk melawan rasa malu dengan cara menganggap lawan bicara adalah teman kita sendiri, tak peduli apapun jabatannya.

berbicara di depan umum

  1. Persiapan Materi

Persiapan materi yang matang akan membantumu lebih lancar berbicara di depan umum. Selain bisa membawakan materi dengan lancar, anda juga akan lancar dalam menjawab beberapa pertanyaan dari audiens. Persiapan materi juga akan membuat anda lebih percaya diri saat tampil di depan umum.

baca juga: Cara Mempengaruhi Orang Lain

  1. Lakukan Pergerakan Tubuh

Saat Anda menjadi pembicara dan menyampaikan materi, gunakan gerak tubuh dan ekspresi yang sesuai dengan irama bicara Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari ketegangan para audiens, selain itu gerak tubuh juga menandakan bahwa Anda berbicara dengan santai.

  1. Mengatur Pernafasan

Mengatur nafas adalah salah satu cara untuk membuat anda lebih tenang saat berbicara di depan umum. Aturlah nafas anda pada saat berbicara. Pengaturan nafas akan mengubah grogi anda menjadi lebih percaya diri, sehingga anda bisa leluasa berbicara dengan baik.

  1. Berlatih Bicara

Cara yang paling optimal meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum yang baik yaitu sering nya latihan bicara. Cara yg paling mudah untuk berlatih bicara yaitu dengan berbicara di depan kaca. Selain di depan kaca, anda bisa juga berlatih di depan keluarga ataupun teman dekat anda. Saat anda sedang berlatih, tanamkan secara perlahan di pikiran anda bahwa anda akan bisa dan percaya diri sat tampil di depan umum nanti.

Demikianlah penjelasan singkat tentang 6 tips berbicara di depan umum. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang public speaking dan cara – cara berbicara di depan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *