Cara Sederhana Mengatasi Rasa kecewa

mengatasi rasa kecewa

Mengatasi rasa kecewa – Faktor penyebab utama seseorang merasa kecewa ialah keinginan dan harapan tidak sesuai dengan  kenyataan. Kekecewaan dapat disebabkan karena seseorang tidak dapat mencapai target yang telah ditentukannya, sehingga dia sangat mudah untuk menyalahkan orang lain.

Hidup selalu bersinggungan dengan permasalahan, ketidaksesuaian dan juga kekecewaan. Ketika Anda berharap sesuatu maka bersiap-siaplah untuk merasakan kekecewaan. Kesiapan kita menghadapi kegagalan merupakan salah satu kesiapan kita menghadapi rasa kekecewaan.

Sekecil atau seberat apapun kekecewaan yang dialami harus dihadapi dan diatasi. Jika tidak rasa kecewa itu akan mengganjal perasaan yang akan berpengaruh pada kesehatan fisik maupun psikis seseorang.

baca juga: 5 Cara Sederhana Memaafkan Diri Sendiri

Rasa kecewa tidak dapat dihindari, karena rasa kecewa sangat berhubungan erat dengan kehidupan. Ketika Anda berbaur dengan orang lain maka bersiaplah untuk menerima rasa kecewa.

Jadi persiapkanlah diri Anda untuk menghadapi rasa kekecewaan karena dimana ada kegiatan/kehidupan disitu lah ada rasa kecewa yang akan dirasakan. Janganlah Anda terpuruk dengan keadaan berusahalah untuk bangkit dari rasa kecewa agar Anda kembali hidup dengan rasa bahagia.

Beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi rasa kecewa yaitu, sebagai berikut:

1. Jangan terlalu berharap kepada manusia

Kebanyakan orang terlalu berharap/ketergantungan dengan manusia lain. Jika Anda berharap kepada orang lain, maka jangan salahkan orang itu, salahkan diri Anda mengapa sudah berharap kepadanya. Karena berharap kepada manusia hanya kekecewaan yang akan didapat.

Ketika Anda berhenti berharap dengan orang lain disitu lah Anda akan menemukan kebahagiaan Anda. Jadi, mulailah berharap dan bergantung kepada Sang Maha Pencipta dan serahkan semua kepada-Nya.

2. Kendalikan hawa nafsu

Setiap manusia pasti memiliki hawa nafsu yang berbeda-beda, dan lama kelamaan akan semakin meningkat. Semakin tinggi hawa nafsu, semakin tinggi pula kemungkinan rasa kecewa itu terjadi. Ketika apa yang Anda inginkan tidak terwujud, itu artinya Anda harus mengubah haluan. Rasa kecewa yang Anda alami hari ini dapat menjadikan pembelajaran untuk mengarahkan hawa nafsu kepada hal-hal yang wajar dan benar.

3. Belajar menerima keadaan

Lapang dada dan mencoba untuk menerima keadaan yang terjadi merupakan salah satu cara agar Anda mampu menerima keadaan yang ada dan mampu menghilangkan rasa kecewa yang dirasakan.

4.Bercerita dengan orang terdekat 

Bercerita  dan mencurahkan perasaan dengan orang yang Anda anggap nyaman dapat membuat Anda menjadi lebih tenang. Masalah yang Anda anggap berat akan terasa lebih ringan jika Anda mau bercerita/sharing dengan orang lain.

Saran dan masukan yang akan diberikan orang tersebut bisa menjadi sebuah alternatif untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang Anda hadapi. Paling tidak rasa kecewa yang Anda rasa berat dapat berkurang dengan dengan adanya orang yang mau mendengar cerita kita.

5. Ambil hikmahnya

Kegagalan akan membuat diri Anda merasa kecewa. Kegagalan dapat membuat Anda untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa. Kegagalan juga dapat dijadikan motivasi agar kembali bersemangat, memperbaiki diri, mengembangkan ketahanan yang sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan dimasa yang akan datang.

Maka tanamkan didalam diri bahwa setiap kegagalan yang membuat Anda merasa kecewa akan selalu mengandung hikmah didalamnya. Petik pelajaran yang ada dan buat diri Anda menjadi lebih bahagia.

mengatasi rasa kecewa

Jadi, segara mungkin buanglah rasa kecewa yang Anda rasakan. Anda dapat mencoba beberapa tips diatas agar mampu mengatasi rasa kecewa. Jangan berlarut terlalu lama dari rasa kecewa itu yang akan membuat Anda sulit untuk meraih kesuksesan dan membuat Anda berada di zona yang itu-itu saja.