Definisi Komunikasi Bisnis, Tujuan, Unsur, Serta Bentuknya

komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis – Diperlukan strategi yang tepat untuk menciptakan hubungan dengan orang lain atau pun organisasi, baik itu secara privat maupun publik. Maka komunikasi merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam menjalankan proses bisnis dalam suatu perusahaan.

Dalam komunikasi bisnis berisi tentang informasi, pendapat, ide, gagasan, dan lainnya yang bermanfaat bagi kemajuan perusahaan dan disajikan secara personal maupun impersonal melalui simbol-simbol maupun sinyal-sinyal.

Definisi komunikasi bisnis

Sebagai makhluk sosial komunikasi merupakan hal yang sangat sering dilakukan dilingkungan masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Komunikasi bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi yang dilakukan baik secara verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan tertentu.

baca juga: Jadwal Pelatihan Komunikasi Persuasif

Pertukaran yang terjadi disini adalah pertukaran pikiran, pendapat, ide atau gagasan yang disampaikan secara personal maupun non personal untuk mencapai target perusahaan.

Tujuan komunikasi bisnis

Tujuan utama diadakan komunikasi bisnis adalah untuk memecahkan masalah dan membuat suatu keputusan bersama. Adapun tujuan lain dari komunikasi bisnis antara lain:

– Memberi informasi

Memberikan informasi yang berhubungan dengan dunia bisnis terhadap pihak lain. Agar pihak lain mau bekerjasama dengan Anda.

– Memberi persuasif

Tujuan dilakukan persuasif adalah agar pihak lain dapat mengerti dan paham apa yang Anda sampaikan dengan baik dan benar.

– Melakukan kolaborasi

Bekerja sama dengan pihak lain dapat memudahkan seseorang dalam melakukan kerjasama bisnis. Semakin berkembang pesatnya kemajuan teknologi, semakin memudahkan Anda untuk menjalin komunikasi antar pihak lain dengan menggunakan media sosial yang Anda miliki.

definisi komunikasi bisnis tujuan unsur serta bentuknya

Unsur-unsur komunikasi bisnis

Setiap kegiatan komunikasi bisnis harus memiliki unsur-unsur didalamnya. Beberapa unsur-unsur komunikasi bisnis antara lain:

– Memiliki tujuan

Setiap bisnis harus mempunyai strategi komunikasi bisnis yang baik dan benar yang akan berpengaruh pada kemajuan perusahaannya. Maksudnya adalah komunikasi bisnis tersebut telah memiliki tujuan yang jelas.

– Adanya pertukaran

Komunikasi bisnis harus dilakukan oleh dua orang atau lebih, antara komunikator dengan komunikan.

– Informasi, ide, gagasan, opini, serta instruksi

Isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung pada situasi, kondisi, dan tujuannya.

– Pencapaian  formal maupun informal

Komunikasi bisnis dapat dilakukan secara langsung atau pun secara tidak langsung. Maksudnya disini adalah Anda dapat bertatap muka dengan pihak lain, atau memanfaatkan media sosial yang dapat menjangkau banyak orang secara bersamaan.

– Menggunakan simbol-simbol atau pun sinyal-sinyal

Menggunakan metode atau pun alat yang mudah dimengerti dan dipahami oleh si penerima informasi

– Pencapaian target 

Pencapaian target atau tujuan organisasi yang harus ditetapkan sebelumnya oleh manajemen. Jadi sebelum dilaksanakannya kegiatan komunikasi bisnis, para pengusaha telah menentukan tujuan dan target yang akan mereka capai.

Bentuk-bentuk dasar informasi

Terdapat 2 jenis bisnis yang sering digunakan dalam dunia bisnis antara lain:

– Komunikasi verbal

komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator atau pengirim pesan kepada komunikan dalam bentuk  lisan maupun tulisan.

Komunikasi verbal terbagi menjadi dua tipe yaitu verbal aktif dan verbal pasif, dimana komunikasi verbal dapat bertindak menjadi komunikator dan dapat menjadi komunikan.

– Komunikasi non verbal

komunikasi non verbal adalah komunikasi yang disampaikan tidak menggunakan kata-kata, tetapi menggunakan simbol-simbol, warna ekspresi tubuh dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dapat memudahkan seseorang untuk menjalin komunikasi dengan baik dan lebih mudah. Berbagai macam alat komunikasi yang dapat digunakan, bisa melalui telepon seluler, media sosial dan alternatif lainnya yang mampu membantu Anda dalam menjalankan kegiatan bisnis dengan pihak lain.

Seperti itulah penjelasan singkat mengenai komunikasi bisnis. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan.