7 Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Keterampilan Komunikasi – Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi merupakan modal dan kunci sukses dalam kehidupan seseorang, karena dengan komunikasi seseorang akan mendapatkan hubungan baik dengan orang lain.

7 cara meningkatkan keterampilan komunikasi

Keterampilan komunikasi ialah kemampuan seseorang untuk menyampaikan atau mengirim pesan dengan jelas dan mudah dipahami oleh penerima pesan.

Keterampilan komunikasi ada tiga macam, yaitu :

1. Keterampilan komunikasi lisan
Keterampilan komunikasi lisan (oral communication skill) adalah kemampuan seseorang dalam berkomunikasi melalui berbicara / lisan yang dapat memberikan umpan balik secara langsung. Keterampilan komunikasi lisan digunakan pada saat tertentu, seperti pada saat pidato, presentasi, wawancara kerja, public speaking, dan lain sebagainya.

2. Keterampilan komunikasi tulisan
Keterampilan komunikasi tulisan (written communication skill) merupakan kemampuan seseorang dalam membuat pesan – pesan secara tertulis dalam berbagai macam bentuk, seperti memo, surat, proposal, laporan, koran, majalah bahkan blog. Keterampilan komunikasi lisan dan tulisan ini bersifat berbeda, baik dari segi media juga dari segi penyampaiannya.

3. Keterampilan komunikasi visual
Keterampilan komunikasi visual ialah kemampuan seseorang dalam menyampaikan pesan menggunakan media visual. Dalam komunkasi visual, media yang digunakan bisa seperti gambar, iklan pamflet bahkan rambu – rambu lalu lintas.

Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting dalam mendukung kemajuan karir dan juga kehidupan pribadi seseorang. Sebagian orang mungkin saja memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, dimana mereka mampu mengatakan pesan dengan baik dan memiliki nada bicara yang sangat baik. Namun tidak semua orang bisa berkomunikasi secara efektif, maka mereka harus berjuang dengan keras agar bisa berkomunikasi secara efektif.

keterampilan komunikasi

Setiap orang mempunyai keterampilan berkomunikasi yang berbeda-beda. Adakalanya seseorang terampil berbicara namun kurang terampil menulis, lalu ada pula orang pintar menulis tapi kurang terampil berbicara dengan baik.

baca juga: Cara Jitu Untuk Mempengaruhi Pikiran Orang Lain dengan Kata- Kata

Berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, yaitu :
1. Mendengarkan
Belajarlah untuk mendengarkan orang lain dengan baik, sehingga anda dapat mendapatkan inspirasi baru dalam cara berkomunikasi dengan orang lain. Dengan mendengarkan anda juga mudah untuk mengingat hal – hal baru.

2. Berlatih
Seseorang yang bisa melakukan sesuatu bahkan ahli dalam bidang tertentu itu karena seseorang tersebut sering berlatih terus menerus. Maka, untuk bisa meningkatkan keterampilan komunikasi anda, cobalah untuk terus berlatih berbicara dengan efektif. Cobalah dari berbicara di depan kaca atau dengan keluarga anda sendiri.

baca juga: Supaya Jadi Percaya diri, Selama 1 Menit Lakukan Ini

3. Membaca
Dengan membaca maka anda akan lebih banyak mengumpulkan kosa kata yang baru. Jika anda menguasai kosa kata yang banyak, anda akan lebih terampil dalam berkomunikasi yang baik.

4. Observasi
Dengan melakukan observasi kita dapat mengumpulkan informasi tentang beragam cara orang berkomunikasi mulai dari cara mengatur intonasi, gerakan tubuh seseorang, kontrol emosi, dan artikulasinya. Dengan begitu kita bisa mencontohnya dan menerapkannya

5. Berkomunitas
Dengan berkomunitas anda akan lebih mudah mendapatkan teman baru dan itu bisa menjadi ajang bagi anda untuk mencoba berbincang dengan orang yang baru anda kenal, selain mendapatkan teman baru anda juga bisa melakukan observasi

6. Training
Dengan mengikuti training atau pelatihan, anda bisa belajar langsung dari para ahli dan mengamati mereka kemudian anda bisa mempraktekkannya

7. Evaluasi
Dan yang terakhir adalah evaluasi dengan melakukan evaluasi pada diri kita maka anda akan mengetahui kekurangan anda dalam berkomunikasi dengan orang lain. Nah jika anda sudah mengetahui kekurangan anda, anda bisa melakukan 7 hal di atas tadi.

Sekianlah pembahasan tentang 7 cara meningkatkan keterampilan komunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *