4 Tips Agar Hobi Membaca Buku

Hobi membaca buku merupakan hal yang sangat menarik dan bermanfaat bagi kehidupan. Berbahagialah bagi orang yang hobi membaca karena tidak banyak orang yang suka ataupun membaca dijadikan sebuah hobi. Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisa, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan.

4 tips Agar Hobi Membaca Buku

Kebiasaan membaca buku memang harus ditanamkan sejak dini, karena memiliki kebiasaan membaca memberikan dampak positif, utamanya untuk meningkatkan kinerja otak. Selain itu, membaca buku dapat memberikan wawasan yang luas.

Memang nggak mudah kegiatan membaca buku dijadikan sebagai hobi. Tapi nggak ada salahnya juga kalau kamu ingin mencoba. Nah, buat kamu yang ingin memulai hobi membaca buku, kamu harus terapkan hal-hal berikut ini!

  1. Membuat Target Membaca

Rencana membaca adalah target atau daftar buku apa yang harus ditamatkan untuk dibaca pada minggu atau bulan ini. Dalam perencanaan yang Anda buat pikirkanlah tentang kapasitas kemampuan Anda dalam membaca, hal ini meliputi menentukan buku yang ingin dibaca serta menentukan target berapa lama buku tersebut harus selesai dibaca. Buku tersebut bukan hanya dibaca tapi diselesaikan hingga tuntas. Dengan membuat target membaca, anda akan lebih terarah dan fokus sama buku yang akan dibaca.

  1. Bacalah buku sesuai minat kamu

Cara berikutnya, agar Anda bisa lebih semangat dalam membaca buku ialah dengan memulai dari buku yang Anda Minati. Hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat dalam membaca. Anda bisa mencari refrensi buku – buku yang mungkin akan anda sukai dalam buku – buku terpopuler di tahun ini.

  1. Membuat Waktu Khusus untuk Membaca

Salah satu alasan orang untuk tidak membaca buku adalah sibuk dan tidak punya waktu untuk membaca. Bila Anda termasuk salah satunya, maka mulai saat ini cobalah untuk meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca buku. Misalnya buat waktu khusus 10 – 15 menit sehari untuk membaca buku. Bisa saat waktu istirahat, waktu saat sedang menunggu sesuatu atau sebelum Anda tidur.

  1. Bergabung dengan komunitas hobi membaca

Jika Anda kesulitan untuk konsisten dalam membaca buku, Anda bisa untuk bergabung dalam komunitas hobi membaca. Dengan bergabung dengan komunitas – komunitas, Anda akan memiliki semangat yang sama dengan teman – teman yang berada di komunitas tersebut. Selain itu bergabung dengan komunitas hobi membaca juga akan menambah wawasan anda, karena akan saling bertukar informasi.

hobi membaca

Selain karena membaca bisa menambah wawasan yang luas, membaca juga banyak manfaat nya loh! Berikut beberapa manfaat dari hobi membaca buku.

  1. Membaca meningkatkan fokus dan konsentrasi

Membaca buku tanpa disadari kita akan terfokus pada isi dari buku yang berusaha dipahami tersebut sehingga konsentrasi pun akan meningkat. Selain itu jika kita terus membaca maka kita akan lebih fokus dan konsentrasi dengan kegiatan yang lainnya.

  1. Mengurangi stres

Membaca buku disebut dapat menurunkan stress. Hal itu dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam The Journal of Psychosomatic Research pada tahun 1992 silam. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa membaca buku dapat mengurangi stress.

Selain mengurangi stress seseorang saat membaca buku, ada kemungkinan subjek yang Anda baca dapat menghasilkan kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa. Maka jika Anda ingin lebih rileks, cobalah untuk membaca, terutama hal-hal yang menggembirakan dan inspiratif.

  1. Memperbanyak kosa kata

Dengan membaca kita akan sering menemukan kosakata yang belum pernah kita ketahui sehingga dapat menambah kosakata yang kita miliki. Semakin banyak membaca buku, maka akan semakin banyak kosa kata yang akan Anda dapat.

Demikianlah penjelasan singkat tentang 4 tips Agar Hobi Membaca Buku. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *