5 Tips Mencari Ide Bisnis

Tips Mencari Ide Bisnis – Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang / jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

5 tips mencari ide bisnis

Tujuan utama dari sebuah bisnis ialah untuk mendapatkan laba atau keuntungan dari barang / jasa yang di produksi serta bermanfaat untuk para konsumen.

Memulai suatu bisnis tidaklah mudah, tak jarang orang yang memulai bisnis bukannya mendapatkan keuntungan malah mendapatkan kerugian. Itu semua karena banyak yang belum tahu apa langkah pertama yang harus diambil dari memulai bisnis. Dan yang pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah mencari ide bisnis yang tepat.

Di artikel ini, Saya akan memberi tips kepada Anda untuk mencari Ide bisnis yang efektif dan tepat sehingga dapat segera dijalankan.

Tidak jarang ada pebisnis yang langsung memulai usaha tanpa perencanaan dan ide bisnis yang matang, sehingga kemudian usahanya menjadi sepi pembeli dan akhirnya gulung tikar.

baca juga: Ini Cara Praktis Mempengaruhi Orang Lain Untuk Membeli

Faktanya, bisnis yang muncul dari ide kreatif dan dimatangkan dengan rencana bisnis yang komplit lebih memiliki peluang keberhasilan yang besar dibandingkan dengan bisnis yang hanya meniru-niru bisnis yang sudah ada.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencari ide bisnis yang tepat untuk bisnis Anda.

  1. Mulailah Dari Hobi Anda

Sesuatu yang berasal dari hal yang Anda sukai, biasanya akan lebih menyenangkan untuk dilakukan. Selain karena Anda menyukainya, Anda akan lebih mengerti dan paham apa yang akan dilakukan untuk memulai bisnis Anda.

  1. Lakukan Riset Bisnis dan Produk

Melakukan riset bisnis dan produk adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk memastikan produk atau bisnis yang akan kita luncurkan akan mendapatkan “tempat” di pasar atau tidak. Untuk melakukan riset bisnis bisa dengan bantuan media internet, yaitu melalui fasilitas browsing. Dengan fasilitas tersebut, Anda kini sangat mudah melakukan riset untuk menemukan ide produk atau bisnis yang inovatif. Anda bisa memadukan beberapa produk atau bisnis yang sudah ada dan meramunya kembali menjadi sebuah bisnis baru yang inovatif.

mencari ide bisnis

  1. Amati Trend

Tips selanjutnya untuk dapat menemukan sebuah ide bisnis adalah dengan melihat trend yang sedang berkembang. Trend adalah Segala sesuatu yang sedang dibicarakan, disukai atau bahkan digunakan oleh sebagian besar masyarakat pada saat tertentu. Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, ataupun lingkungan politik dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif.

  1. Temukan Permasalahan Masyarakat

Kunci untuk menemukan permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh banyak orang namun belum ada yang mendapatkan solusinya. Contoh dari permasalahan masyarakat seperti pada Go-Jek, ia menciptakan Go-Jek karena terinspirasi dari permasalahan masyarakat. Contoh lain misalnya permasalahan pada mahasiswa, anda bisa membuka usaha bisnis tentang permasalahan pada mahasiswa, salah satunya laundry pakaian,warnet, dan lainnya.

  1. Membaca

Membaca adalah jembatan ilmu, dengan membaca kamu akan mendapatkan ide untuk membuat usaha. Kamu bisa membaca artikel ataupun buku tentang motivasi dalam bisnis, membaca kisah sukses orang lain atau sekedar menambah wawasan dibidang manajemen bisnis. Cara ini cukup efektif menambah wawasan kamu, bisa jadi dari ilmu yang kamu miliki, akan muncul sebuah ide usaha brilian.

Demikianlah penjelasan singkat tentang 5 tips mencari ide bisnis. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *