5 Cara Meyakinkan Orang Tua Untuk Mondok

5 cara meyakinkan orang tua untuk mondok

Meyakinkan orang tua untuk mondok – Setiap anak pasti pernah mengalami perbedaan pendapat dengan orang tua nya. Dan tidak semua anak di berikan izin oleh orang tua nya dengan berbagai macam alasan dari pemikiran dan nalar orangtua.

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Maka mereka takut kamu salah mengambil langkah. Sehingga meragukan dan tidak memberikan izin ketika kamu ingin melakukan sesuatu, meskipun kamu sudah menjelaskan dengan baik-baik tentang impian kamu itu.

Restu orang tua termasuk juga Ridho Allah SWT. Tentu kamu sebagai anak tidak mau durhaka kepada mereka dengan melanggar apa yang tidak diperbolehkannya. Untuk itu kamu harus mempunyai cara agar diberikan izin untuk mondok. Berikut ini ada beberapa cara membujuk orang tua agar memberikan izin dan keinginan kamu untuk mondok dapat terwujud, antara lain :

Pikirkan alasan kenapa kamu ingin mondok

Kamu harus memikirkan alasan – alasan mengapa kamu ingin mondok. Alasan tersebut akan menjadi tanggung jawaban kamu. Karena dengan alasan tersebut lah kedepan nya kamu dapat dipercaya lagi atau tidak. Jadi pikirkan lah asalan dengan sebaik – baiknya.

Menunggu waktu yang tepat

Waktu rileks dan santai sangat menjadi waktu yang tepat akan memberikan respon yang baik. Maka kamu harus benar-benar memperhatikan waktu dan tempatnya ketika ingin meminta izin. Dan pilih lah kata yang tepat agar dapat membantu kamu mendapatkan izin untuk mondok.

Pelajari Cara Belajar Komunikasi Yang Sifatnya Untuk Membujuk Orang Lain.

Membawamu menjadi orang yang mandiri

Di pesantren kamu akan dilatih menjadi pribadi yang mandiri. Semua aktivitas dilakukan dengan sendiri, dan tidak akan merepotkan orang tua. Mulai dari mencuci baju, antri saat mengambil makanan, dan lain nya yang dilakukan dengan tujuan membiasakan diri menjadi mandiri.

Hidup di pondok juga akan membuat kamu menjadi pribadi yang disiplin. Waktu yang kamu lewati terasa sangat berharga dan hidup kamu akan semakin terarah.

meyakinkan orang tua untuk mondok

Membawa orang yang berpengaruh

Membawa orang terdekat dan dapat bertanggung jawab dengan apa yang kamu inginkan adalah cara paling manjur untuk membuat orang tua kamu memberikan izin. Orang-orang terdekat akan membantu kamu untuk menghilangkan rasa cemas yang di rasakan orang tua saat memberikan izin kamu untuk mondok.

Akan membahagiakan orang tua didunia dan akhirat

Ketika seorang anak mondok di salah satu pesantren maka dia akan mendapatkan full 24 jam pendidikan islam yang ter kontrol. Maka besar kemungkinan bagi seorang anak akan taat dan berbicara lembut kepada orang disekitar terutama dengan orang tuanya .

Di akhirat orang tua juga dapat ditolong oleh doa yang dikirimkan anaknya meskipun orang tua telah meninggal dunia. Karena doa anak yang soleh akan menjadi penolong bagi orang tua dan tidak akan memutuskan amal ibadah mereka.

Belajar agama sangat penting bagi umat muslim, kita di tuntut untuk menjadi pemeluk agama yang baik dan bergaul dengan orang baik di kehidupan sehari – harinya. Salah satu cara agar anak tidak terjerumus ke hal-hal negatif adalah dengan cara memasukkan anak ke pesantren.

Orang tua hendaknya lebih sadar dan peduli dengan pergaulan anaknya. Jadi, ketika anak mau mondok sebaiknya diberikan izin, karena mendidik anak di pesantren adalah langkah baik yang telah diberikan kepada anak. Tetapi kebanyakan orang tua tidak mengizinkan anaknya untuk mondok dengan berbagai macam asalan.

Untuk itu sangat perlu bagi anak untuk meminta untuk meminta izin dan meyakinkan orang tua untuk mondok terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu.