Trick Rahasia Persuasif Yang Dilakukan Obama Dalam Pidato nya

Trick Rahasia Persuasif Yang Dilakukan Obama Dalam Pidato nya

——————————————————————————
Jika Obama saja gunakan hipnosis dalam pidatonya dan terbukti berhasil, mengapa Anda tidak? Ini rahasianya.

Di postingan sebelumnya saya upload video yang membandingkan Michelle Obama dan Melania Trump. Dalam video tersebut terlihat jelas sekali perbedaan keduanya meski script/kata-kata pidatonya persis sama.

Tulisan lengkapnya bisa Anda baca disini. klik disini

Nah, dalam artikel berikut ini, kita tidak membahas tentang Michelle Obama ataupun Melania Trump. Tetapi tentang sosok mantan Presiden Amerika, yaitu Barack Obama.

Karena group ini adalah group belajar persuasi, maka kita tidak membahas politik ataupun hal lainnya.

OK,

Lalu apa sih Teknik Rahasia Persuasif yang dilakukan Obama dalam Pidato nya?
——————————————————————————————————-
Semua orang tahu, pidato persuasif yang dilakukan Obama mampu menghipnotis Amerika dalam kampanye nya sehingga dia terpilih sebagai presiden.

Namun, tidak banyak yang tahu, apa persisnya yang dilakukan oleh Obama dalam pidatonya sehingga bisa sangat berpengaruh.

Agar lebih mudah memahami apa yang dilakukan Obama untuk mempersuasi orang dalam pidato-pidatonya, Anda perlu memahami prinsip hipnosis terlebih dahulu.

Basic Hipnosis
——————–
Hipnosis bukanlah tidur, bukan juga klenik atau mistis dan bukan pula sepenuhnya seperti yang kebanyakan Anda tonton di TV. Hipnosis adalah sebuah proses yang alamiah. Setiap orang pasti mengalami kondisi hipnosis setiap hari.

Fenomena hipnosis itu terjadi sehari-hari, seperti ketika Anda mau tidur, terjadi penurunan gelombang otak, mata sudah terpejam tetapi masih mendengarkan suara-suara itu disebut Hypnogogic, sedangkan ketika Anda baru bangun tidur itu disebut Hypnopumpic.

Apakah Anda pernah merasakan tubuh Anda rileks, perasaan Anda tenang dan santai?

Pada saat itu Anda juga sedang berada dalam kondisi hipnosis. Anda mungkin pernah mengalami ketika Anda bepergian dengan kendaraan, tiba-tiba tanpa Anda sadari Anda sudah sampai ditujuan Anda tanpa menyadari perjalanan Anda dan berkata

“Eh..gak terasa udah nyampe ya”.

Nah, pada saat dalam perjalanan itu Anda sedang dalam kondisi hipnosis atau yang biasa disebut Trance. Begitu pula ketika Anda sibuk mencari sesuatu, Anda sudah mencari berkali-kali di tempat tertentu tapi Anda tidak menemukannya, dan kemudian Anda bertanya pada orang lain apakah melihat benda yang Anda cari, dan orang itu kemudian menunjukkan bahwa benda yang Anda cari tersebut dari tadi berada ditempat yang sudah Anda cek berkali-kali, namun tadi Anda tidak melihatnya. Dalam hipnosis fenomena tersebut dikenal dengan istilah Negative Visual Hallutination, dan fenomena tersebut adalah fenomena alamiah.

Defenisi Hipnosis
———————–
Defenisi Hipnosis Menurut Milton Erickson, MD, bapak hipnoterapi modern,

Hipnosis adalah sebuah keadaan yang “mengecilkan fokus perhatian”.

Artinya, dalam kondisi hipnosis seseorang sangat terfokus kedalam dirinya sendiri dan fokus pada dunia diluar dirinya berkurang.

Seperti juga yang dijelaskan Dr. James Braid bahwa hipnosis terjadi karena fiksasi atau fokus pada suatu ide. Dari defenisi ini jelas bahwa hipnosis itu BUKAN proses pengosongan pikiran dan hati, tetapi pikirannya FOKUS pada satu atau beberapa ide/hal yang dipikirkannya.

Definisi hipnosis yang paling populer adalah defenisi dari Departemen Pendidikan Amerika, Hipnosis adalah proses menembus faktor kritis seseorang dan dilanjutkan dengan sugesti yang dapat diterima.

Faktor kritis adalah bagian dari pikiran sadar yang berfungsi logika dan menganalisa informasi yang masuk kedalam pikiran. Fungsinya seperti filter yang menyaring informasi apa saja yang boleh masuk kedalam pikiran bawah sadar dan menjadi bagian dari pikiran yang tidak dipertanyakan lagi kebenarannya.

Pemahaman dasar mengenai hipnosis ini nantinya mempermudah Anda untuk memahami teknik-teknik persuasif yang dipakai Obama dalam pidatonya.

Sekarang kita akan membahas 1 teknik hipnosis tersembunyi ala  yang digunakan Obama dalam pidatonya.

Loh kok Cuma satu yang dibahas ?

Mungkin pertanyaan itu mucul dalam pikiran Anda. Tenang saja, Insya Allah dalam artikel-artikel berikutnya akan saya bahas lagi.

Maka, agar Anda tidak ketinggalan update postingan dari artikel menarik disini pastikan Anda pantau terus persuatrick.com

——————————————————————————————————————-

OK, Sekarang kita mulai.

——————————
PACING – LEADING
——————————

Pacing dan Leading adalah teknik dasar dalam Covert dan Conversational Hypnosis. Secara normalnya, hanya informasi yang secara sadar Anda tahu bahwa hal itu benarlah yang Anda ijinkan masuk kedalam pikiran Anda.

Contohnya, jika Anda seorang perokok, dan secara sadar Anda mengatakan kepada diri Anda bahwa Anda bukanlah perokok, informasi itu akan ditolak oleh critical factor / faktor kritis Anda sendiri. Informasi tersebut tidak diijinkan masuk kedalam pikiran bawah sadar Anda karena crtical factor Anda mengetahui bahwa informasi itu tidak benar.

Pacing adalah sesuatu yang benar dan tak terbantahkan kebenarannya. Menurut Milton Erickson, melalui pacing, seorang hipnotist bisa menetralisir fungsi penyaring informasi dari critical factor seseorang, sehingga sang hipnotist bisa menyusupkan sugesti kedalam pikiran bawah sadar orang tersebut.

Leading adalah informasi baru, sugesti atau perintah yang ingin ditanamkan sang hipnotist kedalam pikiran bawah sadar subjeknya.

Proses pacing bertujuan untuk mengkondisikan pikiran subjek untuk terpola meng-iya-kan apa yang disampaikan oleh sang hipotist. Ketika pikiran subjek telah terkondisikan dengan kebenaran yang tidak terbantahkan lagi, kemudian sang hipnotis melanjutkannya dengan proses “leading” yaitu memasukkan informasi baru, sugesti atau pesan kebawah sadar subjek, dan pikiran bawah sadar subjek menerimanya sebagai sebuah kebenaran yang tidak terbantahkan juga.

Pacing dan Leading adalah salah satu kunci untuk mempengaruhi orang lain. Ini seperti ketika Anda masuk kedalam dunia berpikir orang lain kemudian menggiring orang itu kedalam dunia berpikir Anda. Hal itu juga sama dengan memahami orang lain kemudian mempengaruhi mereka untuk memahami Anda.

Anda mungkin sudah tidak sabar, seperti apa contoh Pacing dan Leading yang dilakukan Obama dalam pidato persuasif nya sehingga mampu melumpuhkan logika sebagian besar rakyat Amerika.

————————————————————————————————————–
Berikut contoh kalimat pacing yang diucapkan Obama saat konvensi Partai Demokrat di Denver tahun 2008 :
————————————————————————————————————–

“We need change..and ..that is why, i will be your next president” (
———————-

“Kita perlu perubahan…dan..itulah kenapa saya akan menjadi
—————————
President kalian” )

Kalimat diatas adalah salah satu contoh paling dasar dari pacing-leading yang digunakan Obama. Bagi orang yang tidak memahami hipnosis kalimat yang digaris bawahi sepertinya tidak bermakna. Namun, sesungguhnya kalimat tersebut memiliki efek hipnosis yang hebat.

Tidak ada orang yang tidak setuju bahwa “We Need Change.. atau “kita perlu perubahan”, apalagi jika pada saat itu kita benar-benar sedang dalam masalah. Sehingga kalimat tersebut otomatis pasti akan dibenarkan oleh pikiran sadar pendengarnya. Setelah itu, Obama melanjutkannya dengan kalimat “i will be your next president”

Kalimat tersebut adalah kalimat “leading” atau sugesti yang ingin ditanamkan kedalam pikiran pendengarnya. Setelah kalimat sebelumnya merupakan sebuah kebenaran yang tak terbantahkan bagi pikiran pendengarnya, kalimat berikutnya menjadi seolah-olah sebuah kebenaran pula didalam pikiran pendengar. Apalagi diperkuat dengan kalimat “that is why” yang menjadikan keseluruhan kalimat tersebut seolah-olah berhubungan sebab-akibat dan menjadi masuk akal bagi pendengar.

Banyak lagi pola-pola kalimat pacing Obama seperti,
“Now is the time”
“That’s why I stand here tonight”
“This Moment..”
“Yes We Can”
“We are the hope of our future”

Dan masih banyak pola pacing lainnya yang bisa Anda kuasai dan praktekkan setelah Anda pelajari detailnya.

Nah, sekarang giliran Anda untuk mempraktekkannya.
——————————————————————————–

Untuk membuat pola ýes-set” sebaiknya Anda menyebutkan sebuah pernyataan yang pasti dibenarkan oleh pikiran pendengar Anda berulang kali baru dilanjutkan dengan sugesti/pesan yang ingin Anda tanamkan kedalam pikiran pendengar. Seperti pola berikut:

=================================
Pacing – Pacing – Pacing – Pacing – Leading.
(YA – YA – YA – YA – YA)
=================================

Contohnya:

“Perusahaan kita saat ini sedang berkembang, persaingan semakin ketat, kompetitor bukan hanya perusahaan-perusahaan lokal tapi juga nasional bahkan global yang terus meningkatkan kualitas dan daya jual mereka. Maka, Sekaranglah saatnya Anda dan kita semua Tingkatkan kualitas dan semangat kerja agar mampu menjadi pemenang di era globalisasi ini”

Kalimat sebelum kata “Maka” adalah kalimat pacing. Kalimat pacing haruslah suatu kondisi kenyataan yang diyakini kebenarannya oleh pendengar. Anda ulangi pernyataan-pernyataan yang pasti kebenarannya untuk mem-pacing pikiran pendengar untuk mengatakan “YA” dalam pikiran mereka, setelah itu Anda bisa lanjutkan dengan perintah “leading” yang Anda inginkan sehingga perintah “leading” itu cenderung di “YA”kan juga oleh pikiran bawah sadar pendengar.

Dalam contoh-contoh diatas kalimat leading “perintah yang ditanam” adalah kalimat setelah kata “Maka”.

Anda bisa mulai mempraktekkannya pidato persuasif sekarang, dengan menuliskan kalimat Anda menggunakan prinsip pacing dan leading dicomment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *