PRINSIP VS TEKNIK

PRINSIP VS TEKNIK
————————–

Saya sering sekali menemukan seseorang yang sudah mempelajari berbagai teknik mempengaruhi orang lain bahkan mengikuti berbagai pelatihan tetapi menemukan banyak sekali kesulitan dalam mempraktekkannya. Bahkan tidak sedikit orang yang akhirnya frustrasi dengan keadaan itu. Apakah Anda juga mengalaminya ? Cari tahu penyebab dan solusinya di artikel ini.

Seperti beberapa waktu yang lalu, saat berkumpul bersama beberapa orang teman. Salah seorang teman bertanya kepada saya:

“Teknik mana sebetulnya yang benar? Aku sudah ikut training Si A, Si B, Si X..tapi tetap aja gak bisa dipraktekkan, kayaknya semua teknik itu hanya bagus diruang training aja”

Lalu saya menjawab:

“Jangan-jangan yang salah bukan tekniknya, tapi mindset kamu saat menggunakan teknik itu yang belum tepat”.

Teknik diiibaratkan tools atau senjata yang kita gunakan untuk mempengaruhi orang lain. Yang namanya senjata, sudah pasti bersifat netral. Sebilah pedang samurai yang sangat tajam belum tentu lebih mematikan dari pada sebatang sumpit biasa. Begitu juga sebaliknya. Tergantung siapa yang menggunakannya.
Selain karena kepiawaian dan penguasaan teknik yang tepat, keyakinan pada prinsip bahwa apapun bisa menjadi senjata yang mematikan jika digunakan dengan tepat adalah mindset yang sangat menentukan.

Begitu pula dalam ilmu persuasi. Sebelum mempelajari teknik dan trik mempengaruhi orang lain, hal paling penting yang harus Anda pelajari adalah prinsip-prinsip dasar agar teknik dan trik yang Anda pelajari berdiri kokoh dalam mindset yang tepat dan tidak mudah goyah.

Dengan memiliki fondasi berpikir dan bersikap yang kuat, Anda akan dengan mudah memengaruhi siapa pun untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan. Teknik-teknik persuasi dan memengaruhi orang lain yang akan Anda pelajari akan lebih mudah diaplikasikan ketika Anda memiliki mindset seorang persuader yang andal.

Ada tiga prinsip dasar dalam Persuatrick yang harus Anda tanamkan jika ingin mampu memengaruhi siapa pun, di mana pun berada. Ketika meyakini bahwa ketiga prinsip ini akan membuat Anda selalu tepat sasaran dan mudah mencapai tujuan, Anda juga akan sangat mudah diterima orang yang ingin Anda pengaruhi.

Keyakinan Anda pada prinsip-prinsip Persuatrick, yang akan Anda pelajari sebentar lagi, akan membuat Anda memiliki mental tak terpatahkan sehingga siap menghadapi berbagai tantangan saat sedang memengaruhi orang lain.

Prinsip-prinsip Persuatrick tersebut adalah:

1. Sebelum memengaruhi orang lain, mulailah dari sebuah tujuan yang jelas.

2. Untuk membuat orang lain melakukan apa pun yang Anda inginkan, bangunlah hubungan baik terlebih dahulu.

3. Tidak ada orang yang tidak bisa dipengaruhi, yang ada hanyalah persuader yang kurang fleksibel.

Silakan renungkan kembali prinsip-prinsip tersebut sembari Anda berlatih berbagai teknik yang telah Anda pelajari. Hingga akhirnya teknik apapun yang Anda gunakan akan sangat efektif. Seperti sumpit biasa ditangan ahli beladiri yang handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *