Cara Untuk Menyakinkan dan Mempengaruhi Orang Lain

cara mempengaruhi dan meyakinkan orang lain

Cara mempengaruhi dan menyakinkan orang lain – Mempengaruhi dan menyakinkan orang lain bisa dilakukan dengan memakai metode persuasif. Metode ini tergolong ampuh untuk mempengaruhi orang lain. Untuk bisa mempengaruhi orang lain, Anda harus bisa melakukan sesuatu di luar perkiraan dan melakukan sesuatu yang lebih dari apa yang sering terlihat.

Percaya dirilah sepenuhnya pada diri sendiri dan apa yang ingin Anda capai. Berikan saran, nasihat, dan bantuan kepada orang yang membutuhkan. Terakhir, ketahui dampak dari apapun tindakan Anda dan perlihatkan kepada mereka dampak tersebut agar mereka bisa paham.

Untuk mencapai maksud dan tujuan yang anda inginkan, terkadang anda perlu mempengaruhi lawan bicara yang sedang anda ajak bicara. Melalui komunikasi kita akan berusaha membuat orang lain mengerti dan sependapat dengan apa yang kita tuju.

Adapun beberapa cara untuk menyakinkan orang lain yaitu :

Memahami waktu yang efisien
Jika kamu ingin mempengaruhi dan menyakinkan orang, maka kamu harus tau waktu yang tepat untuk berbicara dan berbincang dengan lawan bicaramu. Jika kamu mendekati orang yang sedang sibuk maka anda tidak akan bisa menyakinkan dia. Tapi jika anda mendekati orang yang sedang santai maka dia akan fokus dengan apa yang kamu bicarakan dan akan mengerti serta yakin dengan ucapan kamu.

Kenali lawan bicara
Dalam hubungan persuasif yang baik, harus didasari dari hubungan antara anda dan lawan bicara anda. Jika Anda tidak mengenali mereka dengan baik, maka mulailah untuk membangun hubungan baik dengan mereka.

baca juga:
Cara Mempengaruhi Pikiran Orang Lain dengan Kata- Kata

Berbicara dengan jelas
Berbicara dengan jelas akan lebih membuat orang lain mengerti akan tujuan anda. Mereka akan mudah yakin dengan anda jika anda berbicara dengan jelas. Lain halnya jika anda berbicara kurang jelas, lawan bicara anda akan kurang mengerti maksud anda sehingga anda tidak akan mendapatkan hal yang anda inginkan.

Mengetahui kebutuhan orang lain
Anda harus mengetahui apa yang orang lain butuhkan, agar Anda bisa meyakinkan mereka bahwa cara Anda adalah cara yang paling tepat. Dengan anda tau kebutuhan orang lain, anda akan mudah untuk mempengaruhi mereka.

Berbicara cepat
Semakin cepat anda berbicara, semakin sedikit pula waktu pendengar anda untuk memproses apa yang Anda katakan dan mempertanyakannya. Hal itu akan membuat perasaan bahwa Anda benar-benar memahami subjek dengan menjalankan melalui fakta-fakta dengan kecepatan. Berbicara cepat tampaknya menunjukkan kepercayaan diri, kecerdasan, objektivitas dan pengetahuan unggul. Tapi juga jangan terlalu cepat, karna bisa membuat lawan bicara tidak mengetahui jelas perkataan anda.

Dalam melakukan tekhnik cara mempengaruhi orang dan menyakinkan orang jangan sampai anda melakukan kesalahan – kesalahan ini, adapun 4 kesalahan dalam menyakinkan orang lain yaitu :

Terlalu memaksa
Dalam menyakinkan orang lain, anda juga harus sabar. Anda boleh membujuk, akan tetapi jangan sampai memaksa atau bahkan menyudutkan pihak lain. Tidak ada seorangpun yang suka dipaksa untuk melakukan sesuatu.

Terlalu berfokus pada diri sendiri
Dalam mempengaruhi orang lain, janganlah hanya berfokus pada keinginan dan manfaat yang bakal anda dapatkan. Tapi juga harus mengetahui kebutuhan lawan bicara anda. Dan jika anda melakukan hal ini secara berlebihan maka anda akan terkesan memelas dan mementingkan diri sendiri.

Terlalu membanggakan diri
Salah satu cara untuk bisa meyakinkan orang lain adalah dengan membuat diri anda orang yg dapat dipercaya. Tapi jika melakukannya sampai berlebihan, bukannya membuat orang lain percaya tapi bisa membuat orang lain menjadi tidak peduli. Terlalu membanggakan diri juga akan membuat orang tidak yakin dengan anda, seakan anda akan menjadi orang yang sombong.

Tidak berhenti bicara
Kesalahan selanjutnya ialah anda terus terusan bicara tanpa henti, sehingga orang lain akan merasa bosan dan tidak yakin kepada anda.

Sekianlah pembahasan tentang Cara Mempengaruhi dan menyakinkan orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *