Cara Ampuh Saat Presentasi Untuk Mempengaruhi Orang Lain

cara mempengaruhi orang lain saat presentasi

Cara mempengaruhi orang lain saat presentasi – Saat kita persentasi di depan klien atau bahkan di depan umum, kita pasti menginginkan orang lain atau audiens memperhatikan kita bahkan mengerti apa yang kita persentasikan.

Presentasi yang baik akan berpengaruh dengan masa depan seseorang. Keberhasilan presentasi akan ditentukan dengan bagaimana akhir presentasi dan sikap audiens di akhir.

Ada 7 cara agar anda bisa mempengaruhi orang lain saat presentasi, yaitu :

1). Tunjukan Passion anda

Saat anda presentasi, tunjukan bahwa anda memiliki semangat yang tinggi untuk menyampaikannya. Usahakan saat komunikasi tidak gugup dan terbata – bata. Karena jika kamu menyampaikan materi dengan grogi atau gugup, maka presentasimu akan terlihat buruk walaupun materi dan tampilan slide presentasi kamu bagus.

Passion bisa ditunjukkan dengan rasa percaya diri. Saat anda menyampaikan presentasi dengan percaya diri, maka itu akan sangat berpengaruh kepada audiens. Rasa percaya diri akan membuat Anda lebih bersemangat. Audiens juga akan bersemangat mendengarkan Anda.

2). Bukalah Presentasi Dengan Hal yang Mengagumkan

Presentasi akan terlihat menarik jika dari awal pembukaan anda sudah menunjukan hal – hal yang menarik. Audiens akan tertarik untuk mendengarkan materi yang akan anda sampaikan selanjutnya.

Banyak presentasi yang gagal karena pembukaan oleh presenter tidak mengagumkan atau biasa – biasa saja. Maka buatlah awal presentasi anda semenarik mingkin.

3). Sampaikan Dengan Jelas dan Singkat

Audiens akan mendengarkan anda jika anda berbicara dengan jelas dan singkat. Jika anda berbicara terlalu banyak, audiens pun akan merasa bosan.

Maka, sampaikan saja poin-poin yang paling penting dari materi presentasi yang Anda bawakan. Fokuslah pada pembukaan dan penutupan presentasi, karena bagian itulah yang paling akan diingat oleh para audiens. Seseorang akan lebih mudah terpengaruh jika anda berbicara dengan jelas dan singkat tanpa bertele – tele.

mempengaruhi orang lain saat presentasi

4). Buatlah Design Slide Yang Menarik

Slide yang menarik juga akan mengundang perhatian audiens untuk memperhatikan presentasi anda. Slide yang membosankan akan berpengaruh juga pada penampilan anda.

5). Lakukan Kontak Mata

Kontak mata sangat penting untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan audiens. Dengan kontak mata, audiens akan berasa diperhatikan, sehingga audiens akan lebih menyimak presentasi anda.

6). Kenali Audiens

Ini adalah hal penting untuk anda sebelum presentasi. Anda harus mengetahui siapa audiens anda dahulu sebelum presentasi. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak salah dalam membuat materi yang akan disampaikan.

Mengenal audiens bisa dari latar belakang audiens, seperti Umur, Jenis kelamin atau tingkat pendidikan. Karena akan berbeda Slide untuk anak SMA dengan Klien kantor.

7). Cobalah Untuk Berinteraksi Dengan Audiens

Cobalah untuk berinteraksi dengan audiens sekitar, berinteraksi disini bisa dengan menanyakan sesuatu. Dengan berinteraksi seperti ini maka audiens anda akan lebih memperhatikan anda dan tertarik untuk mendengarkan anda sehingga audiens tidak akan merasa bosan, dan mudah untuk terpengaruh dengan kata anda.

Itulah beberapa cara yang bisa membantu anda untuk mempengaruhi orang lain saat presentasi.

Jangan lupa untuk terus belajar presentasi dari sumber yang anda percaya. Anda juga bisa berlatih bersama teman teman anda yang sama-sama ingin meningkatkan keterampilan presentasinya.

Semua memang berproses tapi lama kelamaan maka anda akan tampil lebih percaya diri. Teruslah untuk mempraktikkannya.

Sekianlah dari artikel Cara Mempengaruhi Orang lain Saat Presentasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *