Cara Menjadi Pemimpin Yang Berpengaruh, Kuasai Skill Ini

Cara Menjadi Pemimpin Yang Berpengaruh – Jika Anda seorang leader dan ingin tahu kemampuan apa yang harus Anda miliki untuk meningkatkan daya pengaruh Anda ?

Baca artikel ini sampai selesai !

Seperti yang kita tahu bersama bahwa saat ini diberbagai daerah di Indonesia sedang menghadapi pemilukada serentak. Para pasangan calon pemimpin daerah berlomba-lomba mendapatkan simpati masyarakat untuk memilih mereka.

Untuk menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh tentunya diperlukan beberapa kemampuan yang harus dikuasai. Lalu kemampuan apakah yang paling penting?

 

cara menjadi pemimpin

Untuk menjawabnya mari kita lihat dari pemilu yang paling banyak menarik perhatian masyarakat diseluruh Indonesia.

Ada tiga variabel yang diukur oleh lembaga survei Poll Tracking terhadap responden usai debat resmi pada pemilu yang lalu untuk menilai para kontestan.

Tiga variabel itu adalah:
komunikasi
penguasaan masalah dan
progam kerja

Poll Tracking menjadikan komunikasi menjadi salah satu variable pertama dan utama yang diukur. Itu menunjukkan bahwa komunikasi itu sangat penting bagi seorang pemimpin. Bahkan kemampuan komunikasi seorang calon pemimpin itu bisa sangat mempengaruhi elektabilitasnya.

Gary Burnison, CEO dari Korn Ferry sebuah perusahaan yang banyak membantu para top leaders berbagai perusahaan di dunia. Dia juga seorang penulis buku best seller dunia tentang leadership, dan sering menjadi nara sumber di CNN, CNBC, FOX Business dan media internasional lain mengatakan:

“For leaders, communication is connection and inspiration. Not just transmission of information”
(Bagi seorang pemimpin, komunikasi adalah sebuah koneksi dan inspirasi. Bukan sekedar penyampaian informasi)
Komunikasi adalah sebuah kritikal point untuk membangun keselarasan dalam mengeksekusi sebuah strategi ataupun program kerja. Sebuah program kerja yang dirancang dengan sangat baik jika tidak dikomunikasikan dengan tepat maka hampir bisa dipastikan program tersebut akan mengalami kendala yang sangat berarti. Bahkan, program kerja itu bisa tidak terlaksana seperti yang diinginkan.

Seorang pemimpin harus mampu mengkomunikasikan perintah, gagasan, strategy, nilai-nilai dan visi nya dengan baik sehingga bisa diterima dan dilaksanakan oleh orang yang dipimpinnya.

Komunikasi adalah cara bagaimana seorang pemimpin bisa terhubung dengan orang-orang yang dipimpinnya. Bagaimana berbagi dengan masyarakat? Bagaimana seorang pemimpin menyentuh rakyatnya?

Komunikasi bukan hanya tentang penyampaian informasi. Ya, memang benar, penting menyampaikan informasi tentang strategy, visi, misi, hasil yang dicapai dan lain-lain dengan jelas.

Namun, tidak cukup berhenti disitu. Bagaimana cara seorang pemimpin yang berpengaruh menyampaikannya secara verbal dan non-verbal seperti disampaikan dengan rendah hati, bersemangat dan percaya diri memiliki dampak yang lebih besar.

Karena sangat pentingnya komunikasi bagi seorang pemimpin, Gary Burnison mengatakan:
“Communication is where leadership lives and breathes.”
(Komunikasi adalah dimana kepemimpinan hidup dan bernafas)

Sehingga banyak ahli mengatakan bahwa karakter seorang pemimpin bisa dilihat dari bagaimana cara dia berkomunikasi.

Gaya komunikasi seseorang bisa menunjukkan bagaimana cara berpikir dan kepribadiannya. Seorang pemimpin selayaknya memiliki dan menguasai kemampuan komunikasi persuasif. Komunikasi yang halus dan mampu menggerakkan orang yang dipimpinnya. Sebuah komunikasi yang tidak melukai emosi dan perasaan orang yang dipimpinnya.

Hal itu perlu dilakukan untuk mengurangi hambatan dalam komunikasi.
Berbagai penelitian komunikasi mengatakan bahwa beberapa hal yang menjadi penghalang dalam komunikasi diantaranya:
– Kurangnya rasa hormat (respek) dari salah satu pihak
– Asumsi bahwa pendengar menerima pesannya.
– Mengabaikan emosi dan sensitivitas.
– Gagal dalam menyamakan level pemahaman audien.

Dengan komunikasi persuasif hal-hal tersebut bisa dihindari. Komunikasi persuasif berbeda dengan bentuk komunikasi lain karena persuasi mengimplikasikan kesamaan, kepedulian dan penghormatan kepada ide dan cara berpikir orang yang dipersuasi.

Jika Anda adalah seorang pemimpin, maka sangat penting bagi Anda menguasai gaya komunikasi ini untuk meningkatkan daya pengaruh kepemimpinan Anda. Hal itu akan mempermudah Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dari orang yang Anda pimpin. Mengurangi resiko perpecahan karena kesalahan dalam komunikasi.

Jadi, Komunikasi Persuasif adalah satu skill yang mutlak harus dimiliki dan dikuasi seorang pemimpin yang berpengaruh.

Oiya, apakah Anda sudah mengetahui bahwa sekarang ada model komunikasi persuasif yang lebih elegan, lebih halus dan lebih efektif yang langsung bisa menembus pikiran bawah sadar orang yang dipersuasi sehingga mereka mau melakukan apa yang diinginkan oleh orang yang mempersuasi dengan sukarela?

YA, itu adalah Persuatrick, yaitu bagaimana mempengaruhi orang lain menggunakan pendekatan persuasi terselubung untuk melakukan apapun yang Anda inginkan dengan sukarela bahkan tanpa diminta dan orang yang dipengaruhi tidak merasa sedang dipengaruhi.

Anda bisa bayangkan, jika Anda ingin mengetahui cara menjadi pemimpin yang berpengaruh, maka memiliki kemampuan Persuatrick menjadi hal yang tepat, dan ini bisa dilihat dari seberapa besar pengaruh anda meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *